LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–Tim SAR Gabungan telah menemukan korban Vabio yang terseret arus Sungai Cunca Wulang, Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Jumat (15/4/202).

Vabio berasal dari Sumbawa dan berdomisili sementara di Desa Golo Koe, Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere selaku SMC (SAR Mission Coordinator), I Putu Sudayana,S.E,M.AP mengungkapkan dalam wawancaranya mengatakan, Tim SAR Gabungan pada pukul 06.00 Wita telah melaksanakan Operasi SAR hari ketiga dengan melaksanakan pencarian di sekitar lokasi kejadian, pada pukul 13.00 Wita. Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian dengan penyelaman di sekitar lokasi kejadian,dan tepat pukul 13.20 Wita korban berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam kondisi meninggal dunia di kedalaman 15 meter.

Setelah itu, korban langsung dievakuasi menuju rumah duka dengan menggunakan ambulance Puskesmas Wairsawe.

Lebih lanjut Putu mengatakan bahwa proses pencarian dan evakuasi korban yang dilaksanakan oleh Tim SAR Gabungan tidaklah mudah terlebih medan sungai Cunca Wulang didominasi bebatuan yang terjal serta arus yang kuat.

“Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan semangat yang solid dan kegigihan Tim SAR Gabungan untuk terus melakukan pencarian terhadap saudara Vabio. Pelaksanaan Operasi SAR hari ketiga membuahkan hasil. Saya selaku SMC (SAR Mission Coordinator) memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Tim SAR Gabungan yang telah melaksanakan Operasi SAR yaitu dari Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Babinsa Kecamatan Mbeliling. Penyelam P3KOM Manggarai Barat, Polsek Sano Nggoang, Polair Labuan Bajo, Kodim 1612 Manggarai, BPBD Kabupaten Manggarai Timur serta masyarakat Desa Cunca Wulang dan keluarga korban. Berkat sinergi dan koordinasi yang solid proses Operasi SAR berjalan dengan baik aman dan lancar serta selalu mengedepankan safety diantara Tim SAR Gabungan, semoga pelaksanaan misi kemanusiaan ini menjadi amal yang baik bagi seluruh Tim SAR Gabungan di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” doa Putu.

Mewakili Tim SAR Gabungan, pihaknya menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga korban, semoga saudara Vabio tenang di sisi-Nya dan keluarga diberikan ketabahan, pungkas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere diakhir wawancara.

Adapun alat utama yang digunakan dalam proses pencarian diantaranya perlatan selam 4 set, peralatan mountenering, mobil rapidland SAR Pos SAR Manggarai Barat, Truck Personil Pos SAR Manggarai Barat, Ambulance Puskesmas Wairsawe dan alat komunikasi baik handphone, HT Motorola dan Ruggear.(fon/*)