KUPANG, NTT PEMBARUAN.com–Video wisatawan yang sedang meledakkan petasan di atas sebuah kapal wisata di Pulau Kalong, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang beredar luas dan viral di media sosial, Kamis (31/3/2022) lalu akan dibahas dalam rapat koordinasi ( Rakor) yang dilaksanakan secara daring, Jumat (8/4/2022) pekan ini.

“Kita akan bahas persoalan ini dalam Rakor Jumat (8/4/2022) pekan ini, sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari,” janji Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Naftaly S. Huky kepada media ini di Kupang, Selasa (5/4/2022).

Huky dihubungi media ini terkait perilaku wisatawan yang melakukan ledakan petasan di atas sebuah kapal wisata di Pulau Kalong, Labuan Bajo belum lama ini.

Terhadap perbuatan wisatawan itu, Huky akan berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Salah satu prinsip kegiatan kepariwisataan, menurut dia, pariwisata itu harus ramah lingkungan.

“Karena itu, kami sangat menyesal dengan kejadian seperti itu. Kami akan segera berkoordinasi dengan tiga lembaga terkait di Manggarai Barat, yaitu Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan, Balai TNK dan BPOLBF,” sebut

Huky, Lebih khusus Balai TNK karena secara teknis, ujar dia, merekalah yang melakukan pengawasan langsung di lapangan.

Diberitakan sebelumnya, video yang berdurasi 41 detik itu diduga puluhan wisatawan sedang merayakan sebuah acara pesta, sambil meledakkan petasan di atas kapal wisata yang mereka tumpangi tersebut.

Sementara dalam waktu bersamaan, ribuan kelelawar sedang berterbangan di atas udara.

Sementara mereka asyik memegang petasan dan diledakan mengarah ke langit.

Tiga orang pria di kapal berbeda yang tidak jauh dari kapal itu tampak berteriak memarahi wisatawan yang meledakkan petasan tersebut.

“Hei..hei…tidak boleh, tidak boleh,” ujar beberapa orang pria sembari melambaikan tangan untuk menghentikan aksi mereka.

Sementara itu tampak suara seorang wanita, wisatawan di kapal berbeda tersebut mengambil video sambil mengatakan, “Ini orang yang berada di kapal itu malah nyalain petasan sementara kalong (Kelelawar,red) lagi beterbangan. So fucking stupid! Sumpah, ini gua laporin ke TNK,” katanya.(red/fon)