LABUAN BAJO, NTTPEMBARUAN.com- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui Loka POM Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memeriksa kebersihan jajanan berbuka puasa di sejumlah tempat berjualan jajanan berbuka puasa di Kampung Ujung, Kota Labuan Bajo, Selasa (5/4/2022) petang.

Hal ini dilakukan Loka POM Mabar tersebut untuk menjamin keamanan jajanan Takjil yang dikonsumsi masyarakat saat buka puasa di Kota Pariwisata Super Premium itu.

Kepala Loka POM Manggarai Barat, Andirusmin Nuryadin mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan jajanan sebanyak 30 sampel untuk memastikan kesehatan makananan agar lebih aman dikonsumsi masyarakat.

“Saat ini kita melakukan pemeriksaan langsung jajanan berbuka puasa di tempat, dengan 30 sampel jajanan yang kami beli di beberapa titik di Kota Labuan Bajo”, ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Nuryadin menyampaikan 30 sampel  jajanan tersebut tidak ditemukan bahan berbahaya.

“Dalan pemeriksaan yang dilakukan ini, kita memeriksa ada empat parameter yaitu Boraks, Formalin, Methanil Yellow dan Rhodamin B, dan 30 sampel ini semuanya negatif”, jelasnya.

Kepala Loka POM Mabar mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan selama 1 bulan termasuk Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

“Wilayah kerja Loka POM Manggarai Barat inu mencakup 3 kabupatwn termasuk Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

“Jadi selama satu bulan ini, di minggu pertama di Labuan Bajo Manggarai Barat, selanjutnya di dua kabupaten lainya, untuk memastikan kesehatan makanan selama bulan puasa ini”, katanya (fon)