LABUAN BAJO, NTT PBARUAN.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat memberikan peluang bagi pelaku UMKM lokal Labuan Bajo dan sekitarnya untuk mempromosikan produk-produk UMKM secara offline, seperti keterlibatan Pemda Mabar dalam pameran produk UMKM di acara internasional seperti IAWP ( International Association of Woman Police ) di Goa Batu Cermin dan event G-20 AIWW (Asian International Water Week) di lobby utama Ballromm Hotel Meruorah Labuan Bajo. 

Sedangkan, secara online pada official store milik Perumda Bidadari di marketplace Blibli.com dengan nama “MBARU DAMI” sebagai hasil kerjasama antar Blibli.com dan Perumda Bidadari pada bulan November 2021 lalu.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI , Joko Widodo pada acara Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, pada Senin, 28 Maret 2022.

“Kita tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Kita harus membanjiri marketplace. UMKM, koperasi harus membanjiri marketplace dengan produk-produk dalam negeri, produk-produk UMKM kita,” kata Presiden Jokowi.

Sejak Official Store MBARU DAMI di launching pada 1 Februari 2022 sampai dengan hari ini, tercatat kurang lebih 100 varian produk UMKM/Ekraf yg dapat dibeli secara langsung via Marketplace online Blibli.com.

Saat ini produk tersebut bisa dikirim ke luar daerah Labuan Bajo dan juga dapat dikirim di dalam Kota Labuan Bajo. Direktur Perumda Bidadari, Sutanto Werry berharap bahwa para wisatawan yang mempunyai keterbatasan waktu untuk mengunjungi toko-toko souvenir, bisa melakukan transaksi via online, dan barang dengan segera dapat dikirim ke hotel dimana mereka menginap ataupun langsung dikirimkan ke alamat kota dimana mereka berasal.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui manajemen Perumda Bidadari mengundang para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Manggarai Barat dan sekitarnya agar dapat bergabung untuk memanfaatkan ekosistem pemasaran terpadu secara online melalui official store MBARU DAMI.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi berharap agar para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai menembus pasar nasional bahkan internasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital, dan Pemkab Manggarai Barat melalui perumda Bidadari yang telah mengembangkan ekosistem pemasaran terpadu baik secara offline maupun online, sehingga sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo. (fon)