KUPANG, NTT PEMBARUAN.com — Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menghadiri upacara pemakaman Praka Marinir (Anumerta) Wilson Anderson Here di rumah duka Sikumana, Rabu (30/3/2022).

Acara pemakaman diawali dengan penyerahan akta kematian dari Lurah Sikumana diikuti  dengan ibadah  penguburan yang dipimpin oleh Pendeta Louisa V. Koamesah Toelle.

Praka Wilson Anderson Here merupakan salah satu dari dua prajurit TNI yang gugur akibat penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga Papua, Sabtu (26/3/2022) lalu.

Dalam sambutannya, Gubernur Laiskodat mengungkapkan kebanggaannya kepada Praka Marinir Wilson Anderson Here, yang telah mencucurkan darahnya untuk mewujudkan perdamaian di tanah Papua.

Wilson, menurut cerita keluarga, kata Gubernur Laiskodat, niat menjadi prajurit TNI Angkatan Laut adalah kehendak pribadinya.

Dia mendaftarkan diri sebagai TNI AL dengan uang pinjaman tanpa memberitahukan kepada orangtuanya.

“Ini menunjukan Wilson menentukan sendiri untuk terjun dalam lapangan pengabdian kepada bangsa dan negara. Almarhum juga seorang yang peduli dan suka membantu keluarga dan teman. Ia telah mempersembahkan dirinya untuk mempertahankan kedaulatan bangsa,” sebut orang nomor satu NTT itu.

“KIta patut berbangga karena Prada Wilson ditempatkan dalam medan operasi. Tidak semua anggota TNI mendapatkan kehormatan seperti itu.

Sebagai Gubernur, saya bangga karena salah satu putera NTT dipercayakan oleh Korps Marinir untuk mengambil tugas menjadi orang-orang terdepan mengamankan kedaulatan  bangsa dan negara dari bahaya-bahaya yang ada. Itu kebanggaan yang luar biasa.Tidak semua orang Indonesia memiliki kualitas seperti anak kita yang berani ini,” ungkap dia.

Gubernur Laiskodat, optimis pengorbanan Prada Wilson tidak akan sia-sia. Tidak ada setetes darah pun yang terbuang percuma.

“Tidak ada darah yang tertumpah secara percuma dari tubuh seorang prajurit sejati yang korbankan dirinya untuk nusa dan bangsa. Kita semua yakin cucuran darah dari para kusuma bangsa yang gugur di Papua akan melahirkan perdamaian yang tumbuh di tanah Papua untuk kesejahteraan daerah tersebut dan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Setelah ibadah penguburan, keluarga menyerahkan secara resmi jasad Praka Wilson kepada TNI Angkatan Laut untuk dimakamkan secara kemiliteran.

Acara penguburan militer itu dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal Kupang.

Hadir pada kesempatan tersebut  Komandan Pasmar II Surabaya, Danlantamal Kupang, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Danlanud El Tari Kupang, Kapolda NTT, keluarga besar, sahabat kenalan dan undangan lainnya.(red/*)