LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Ketua Muhamadiyah Kabupaten Manggarai Barat, Rusman Soloman menilai kehadiran Stefanus Gandi sebagai bukti cinta terhadap keberagaman di Provinsi NTT.

Hal tersebut ia sampaikan karena begitu banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh Stefan Gandi terhadap beberapa tempat ibadah yang ada di NTT.

” Pak Stefan ini adalah sosok yang baik dan mempunyai kepedulian terhadap keberagaman di NTT ini, buktinya sudah beberapa tempat ibadah yang telah di sumbang”, ungkap Rusman saat pembukaan kegiatan perkemahan kader Muhamadiyah, Sabtu ( 26/03/2022 ).

Stefan Gandi juga hadir di tengah kegiatan Perkemahan Kader Muhamadiyah yang dilaksanakan di Bukit Muhamadiyah, Desa Macang Tanggar, Kabupaten Manggarai Barat.

” Kehadiran dari pak Stefan di tengah kami ini juga sebagai bukti cinta terhadap kader Muhamadiyah yang ada di Manggarai Barat ini”, ungkapnya.

Ia pun berharap, agar kebersamaan yang telah dijalani dalam menggemakan keberagaman akan tetap berlanjut, sehingga kedamaian antar agama selalu terjaga.

Sementara itu, Stefanus Gandi mengatakan, Provinsi NTT adalah rule model dari keberagaman yang ada di Indonesia.

” NTT merupakan sampling yang menjadi role model untuk menjaga toleransi. Semua ruang itu berdamping secara damai”, ungkapnya.

Menurut Stefan, untuk menjaga keharmonisan tentunya menjadi tanggung jawab kita semua.Di tangan generasi muda kita diberi beban menjaga keharmonisan umat. Saya pribadi ingin memberikan contoh sebagai model menggaungkan keharmonisan yang menjadi trend. Muhamadiyah bisa mengambil peran menjaga keharmonisan,” ujarnya.

Ia berharap, agar bisa menjaga toleransi itu dengan baik, dirinya sangat membuka diri untuk berkonstribusi untuk kaum milenial.

” Apapun itu kita harus menjaga keberagaman. Kami membuka diri untuk memberikan kontribusi untuk kaum milenial. Bantuan itu berupa pikiran. Orang Manggarai itu hebat, jadi diskusi kita ke depan itu lebih terbuka dalam situasi apapun”, harapnya.(fon)