LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Manggarai Barat menggelar rapat paripurna pemandangan fraksi atas nota pengantar penyampaian dua buah rancangan peraturan daerah masa sidang I bersama Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (22/03/2022). 

Pada rapat paripurna tersebut, Fraksi Amanat Indonesia Raya (AIR) menyoroti soal ganti rugi pembukaan ruas jalan baru Golo Mori, Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo.

Hal tersebut langsung disampaikan oleh Ketua Fraksi AIR, Antonius Aron di hadapan Bupati Manggarai Barat.

Anton Aron menyampaikan, dalam konteks pembangunan ruas jalan Golo Mori, masyarakat mempertanyakan soal tidak adanya ganti rugi bagi warga yang terdampak langsung dari pembangunan tersebut.

Dalam konteks pembangunan jalan menuju Golo Mori, sebagian masyarakat mempertanyakan soal tidak adanya ganti rugi bagi masyarakat yang terdampak langsung, beber Anton Aron yang juga politisi Partai Amanat Nasional itu.

Sesuai PP Nomor 19 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, kata Aron, mutlak memberikan ganti rugi. Dalam pasal 68 ayat 1 berbunyi, penilai bertugas melakukan penilaian besarnya ganti kerugian per bidang tanah yang meliputi tanah, ruang tanah dan ruang bawah tanah, bangunan, benda yang berkaitan dengan tanah dan kerugian lain yang dapat dinilai.

Atas pandangan Fraksi AIR, Bupati Manggarai Barat belum memberikan jawaban.

Rencananya Bupati akan memberikan jawaban atas pandangan Fraksi pada, Rabu (22/3/2022). (fon)