LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–Wakil Presiden RI, K.H Ma’ruf Amin mengunjungi sejumlah stand UMKM yang berjejer di Puncak Waringin, salah satu kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin ( 14 /3/2022).

Ikut mendampingi Wapres saat itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur NTT,  Josef Nae Soi, Bupati Manggrai Barat, Edistasius Endi, Kapolda NTT, Setyo Budiyanto, dan rombongan.

Pada kunjungan tersebut, Wapres meninjau stand-stand UMKM yang terjejer di tempat tersebut sembari berbincang dengan pelaku UMKM lokal Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perumda Bidadari Sutanto Werry yang mendampingi Wapres saat itu memperkenalkan pelaku UMKM dan menjelaskan spot-spot bangunan yang ada di tempat tersebut serta konsep kegunaan dari masing-masing spot tersebut.

Dalam peninjauan tersebut, Wapres sangat antusias dan mendukung program kerja Perumda Bidadari dalam menyejahterakan para pelaku UMKM lokal dan membantu memasarkan baik secara offine maupun online.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Perumda Bidadari telah menerbitkan E-Catalogue yang berisi produk-produk UMKM lokal dan telah memiliki toko online (official store) dengan nama MBARU DAMI di platform Blibli.com.

“Masalah pemberdayaan UMKM dan tentu saja terkait produk dalam negeri, supaya UMKM kita bisa lebih baik apalagi setelah pandemi mengalami hambatan yang berat dan kita dorong supaya bangkit,” kata Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa pemerintah melakukan upaya-upaya pemasaran dan digitalisasi agar produk NTT tidak hanya diminati oleh masyarakat dalam negeri tapi juga bisa sampai ke luar negeri.

“Apalagi Labuan Bajo punya tempat strategis sebagai tempat wisata sebagai destinasi pariwisata nasional dan tempat pertemuan-pertemuan internasional dan nanti G20 juga akan ada di sini. Selain itu juga menyediakan tempat atraksi dan bisa menjadi promosi berbagai produk yang menarik dari NTT,” ungkap Orang Nomor 2 RI itu.

Ia berharap, kehadiran Puncak Waringin Creative Hub dapat membawa keadilan, baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif dan diharapkan dapat membantu mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik, serta dapat memperkenalkan kekayaan alam dan budaya lokal.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta rombongan telah menyempatkan diri untuk berkunjung di Puncak Waringin Creative Hub.

Semoga dengan adanya dukungan dari beliau, pelaku UMKM lokal semakin bersemangat dan selalu kreatif dalam memasarkan produknya.(fon)