LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com –Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Manggarai Barat mengadakan sosialisasi dan pendaftaran program jaminan sosial bagi masyarakat di Labuan Bajo, Jumat ( 11/3/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SVD Ketentang, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat itu dihadiri Anggota DPR RI dari Komisi IX, Melkiades Laka Lena.

Dalam sambutannya, Melki Laka Lena mengatakan, kegiatan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan yang berlangsung di Manggarai Barat itu, untuk mendorong masyarakat non Aparatur Sipil Negara (ASN) bergabung dalam program BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memberikan perluasan peserta yang lebih masif sesuai Inpres No.2 Tahun 2021.

“Kalau dulu, tenaga non ASN itu tidak diberikan ruang, sekarang sudah diberikan ruang. Jadi, bagi tenaga honorer pemerintah daerah, aparatur desa, RT, RW, UMKM, guru, transportasi online seperti ojek online, pekerja rentan dengan Pemda seperti penyapu jalan juga bagi petani dan nelayan, sekarang didorong untuk menjadi anggota BPJS Ketanagakerjaan karena mereka memang kerja,” jelas Laka Lena, di hadapan masyarakat yang hadir saat itu.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Manggarai Barat, Ardi Nugraha Harahap, menjelaskan, kegiatan sosialisasi program ketenagakerjaan tersebut merupakan langkah awal untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengetahui tentang BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita berharap agar masyarakat, khususnya yang bekerja informal ini lebih mengetahui terkait dengan program BPJS Ketenagakerjaan.

Jadi kita perkenalkan ke masyarakat bahwa ada bantuan yang sangat besar dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini,” kata dia. (fon)