KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Breldy Angela Lerrick mengaku, dirinya sudah siap 100 persen menuju ajang Putri Indonesia Tahun 2022.

“Saya sudah siap 100 untuk berlaga di ajang Putri Indonesia pada Mei 2022 mendatang,” kata Breldy menjawab wartawan saat jumpa pers di Dekranasda NTT, Sabtu (5/3/2022) petang.

Breldy yang didampingi Ketua Dekranasda NTT, Bunda Julie Sutrisno Laiskodat saat itu menyatakan dirinya sudah siap, baik dari segi  public speaking, english first, cat walk fast dan juga tallent serta modern dance mix traditional.

Dengan tingkat persiapan yang sudah matang itu, Mahasiswi Semester Akhir Fakultas Hukum Undana Kupang ini, optimis akan mempersembahkan yang terbaik bagi NTT.

Terkait busana yang akan dipakainya nanti, kata Breldy,

pada malam pencari bakat di ajang Putri Indonesia, dirinya akan mengenakan busana Caci Maleo yang merupakan Tarian Caci asal Kabupaten Manggarai.

Salah satu tujuan mulia yang dilakukan gadis berdarah Kisar –Sabu ini, untuk memberikan edukasi kepada puluhan anak kurang mampu yang selama ini tidak menikmati bangku pendidikan selayaknya anak-anak lain.

Gadis kelahiran Kupang, 2 April 2022 ini mengaku,

sejak Tahun 2015, dirinya membimbing anak–anak usia 8 –13 tahun yang kurang mampu tersebut.

Karena itulah, thema advokasi yang dibawakannya pada saat ajang Putri Indonesia nanti adalah Katong Katawa.

“Katong Katawa merupakan forum atau kelompok belajar bagi anak- anak usia 8-13 tahun, yang saya lakukan sejak Tahun 2015 hingga hari ini. Mereka diajak belajar sambil bermain,” ujarnya.

Pada tempat yang sama, Ketua Dekranasda NTT, Bunda Julie Sutrisno Laiskodat mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) NTT telah mempersiapkan Breldy Angela Lerrick untuk tampil di ajang nasional yang menilai kepribadian, kecerdasan dan kecantikan perempuan Indonesia dari berbagai provinsi tersebut.

“Dulu di 2019 kita mempunyai wakil di ajang Putri Indonesia namanya Angel Boelan, lalu di 2020 karena Covid-19, kebetulan Yayasan Putri Indonesia (YPI) tidak menyelenggarakan tapi tahun ini baru menyelenggarakan, sehingga setelah Angel Boelan, sekarang Breldy yang mewakili NTT ke sana. Breldy ini sudah kami siapkan dari 2019 sebelum pandemi Covid- 19,” jelas Bunda Julie.

Dekranasda NTT bersama Disperindag NTT, kata Bunda Julie, selama ini telah mempersiapkan putra dan putri terbaik NTT untuk diikut sertakan dalam berbagai ajang nasional maupun internasional.

Untuk Breldy sendiri, pihaknya telah mempersiapkannya selama 2 tahap yang melibatkan rekanan yang ahli dalam bidangnya masing- masing. Persiapkan yang dilakukan Breldy ini, menurut dia, sudah sampai pada persiapan menuju ajang internasional yang dilakukan di Jakarta.

“Berkat dukungan para wartawan dan masyarakat NTT, kami sudah mengirim putra putri NTT untuk berprestasi di ajang nasional dan internasional,” akuinya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan NTT, Drs Nasir Muhammad mengatakan, calon putra dan putri asal NTT yang siap berlaga di ajang Nasional itu banyak. Karena itu, untuk memilih salah satu diantara yang banyak untuk mewakili NTT di ajang nasional tersebut sangatlah selektif.

“Anak kita, Breldy Angela Lerrick ini kita memilih yang terbaik dari sangat terbaik. Kita doakan semoga ananda kita ini bisa sukses di ajang nasional dan mudah- mudahan bisa ke ajang internasional,” kata Nasir.

Dirinya mengaku akan menghadirkan corak ragam kostum tingkat etnik untuk ajang- ajang nasional dan mudah- mudahan bisa ke ajang nasional dan internasional dengan standar kualitas tinggi.

“Anak kita Breldy ini sudah dipastikan akan menggunakan pakaian yang mempunya motif dan corak NTT di ajang Putri Indonesia nanti. Karena corak dan motif tenun NTT kita ini sudah dipakai daerah lain pada event– event internasional dan ternyata juara,” jelas Nasir.(red)