KUPANG, NTT PEMBARUAN.com–Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Emas Ke-50 Tahun Basarnas di Kupang dilaksanakan secara sederhana di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Selasa (1/3/2022).

Apel yang berlangsung secara sederhana tersebut diikuti seluruh personil KPP Kupang. Puncak perayaan dilangsungkan hari ini, Selasa (1/3/2022) di seluruh Indonesia.

Sebenarnya setiap tahun diperingati setiap tanggal 28 Februari, namun karena pada tanggal yang bersamaan bertepatan dengan perayaan hari Isra Mi’raj bagi umat muslim maka perayaannya diundur tanggal 1 Maret 2022.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frizer, S.E, M.M menyampaikan bahwa kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan manusia memiliki sifat unpredictable atau tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Oleh karena itu, Basarnas melaksanakan siaga 24 jam nonstop dan melaksanakan operasi SAR dengan cepat.

“Respon cepat itu mutlak kita perlukan demi menyelamatkan jiwa saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujarnya melalui siaran pers Humas Basarnas Kupang, Selasa (1/3/2022).

Hal ini sejalan dengan tema perayaan hari ulang tahun kali ini yaitu Cepat Tanggap Untuk Indonesia Maju.

“Keberhasilan pelaksanaan operasi SAR wajib memadukan 4 (empat) pilar utama antara lain, pertama adalah sumber daya manusia yang mumpuni dengan peningkatan kapasitas SDM yang kita miliki sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan operasi SAR,” sebut dia.

Kedua adalah sarana prasarana yang memadai yang berteknologi tinggi sesuai perkembangan zaman.

Ketiga adalah dukungan dari potensi SAR. Basarnas tidak dapat bekerja sendiri selama ini, potensi SAR memegang peran krusial dalam pelaksanaan operasi SAR.

Potensi SAR dari unsur pemerintah, TNI, Polri, Badan Usaha, dan organisasi kemasyarakatan.

Keempat adalah publikasi menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan SAR.

Apel bendera berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan dilanjutkan dengan ramah tamah seluruh peserta apel.

Dalam ramah tamah tersebut dilakukan pemotongan tumpeng menandai bertambahnya usia organisasi sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Rangkaian kegiatan perayaan HUT yg berlangsung, Selasa (1/3/2022) pagi itu diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang perlombaan voli, catur, domino, play station serta tenis meja yang dilangsungkan dalam rangka peringatan HUT Basarnas ke-50. (red/*)