KENDARI, NTT PEMBARUAN.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) memberikan dukungan sepenuhnya kepada Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XXII Tahun 2028 mendatang. 

Dukungan itu disampaikan Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi saat menerima kedatangan Ketua KONI NTT, Josef A. Nae Soi yang juga Wakil Gubernur NTT bersama rombongannya di Kota Kendari, Minggu (27/2/2022).

“Kami menyambut baik kedatangan Bapak Ketua KONI NTT, Josef A. Nae Soi yang juga Wakil Gubernur NTT bersama rombongannya hari ini, Minggu (27/2/2022). Kami selaku pemerintah, masyarakat dan Pengurus KONI Sulawesi Tenggara menyatakan dukungan kepada Provinsi NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII Tahun 2028. Salam Olahraga, Jaya dan semoga sukses,” ujar Gubernur Ali.

Selain memberikan dukungan, pada pertemuan tersebut, Gubernur Ali juga menyerahkan secara langsung surat dukungan yang diterbitkan oleh KONI Sulawesi Tenggara dengan Nomor 21/KONI-Sultra/II/2022.

Surat tersebut sebagai bukti dukungan secara resmi yang ditandatangani oleh Gubernur Sultra dan Ketua Umum KONI Sulawesi Tenggara, La Ode Suryono.

“Kita berterima kasih karena semakin banyak yang mendukung NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII atau PON Nusa Tenggara, Tahun 2028,” ungkap Ketua KONI NTT, Josef A.Nae Soi dalam siaran pers Biro Adpim Setda NTT, Minggu (27/2/2022).

Ia menambahkan, dengan bertambahnya dukungan dari Provinsi Sulawesi Tenggara, saat ini sudah ada 12 provinsi yang memberikan dukungan.

“Untuk saat ini sudah 12 provinsi yang sudah menyatakan dukungan kepada NTT dan NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXII Tahun 2028 mendatang,” sebut Wagub Nae Soi.

12 provinsi yang telah menyatakan dukungan itu, yakni Aceh, Sumatara Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, Papua Barat, Kalimantan Timur dan terakhir adalah Sulawesi Tenggara.

“Kita akan terus melobi provinsi lain di Indonesia untuk mewujudkan NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII Tahun 2028 atau PON Nusa Tenggara,”janji Wagub Nae Soi. (red/*)