LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Rumah milik Anselmus Endo, Warga RT 003/RW 001 Paje, Dusun Watu Lonto, Desa Wewa,Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (26/2/2022) nyaris terbawa longsor.

Rumah milik Anselmus itu dikontrak oleh Ibu Florentina Yasmi, S. Pd dan Doratasia Jelumut, S. Pd, guru SMK Negeri 2 Welak bersama dua siswinya masing-masing, Karolina Jemia dan Gidensia Jemian.

Saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (26/2/2022) pagi, Ibu Iren dan Ibu Dora mengaku, tidak tahu kalau rumah yang mereka tempati itu hampir saja terbawa longsor.

“Saat terjadi longsor, kami semua masih berada di dalam rumah. Kami baru tahu ada longsor, setelah mendengar teriakan warga dari jalan raya, lalu kami keluar menggungsi di rumah kontrakan guru lainnya di sekitar itu,” kisah Ibu Iren yang diaminkan rekannya, Ibu Dora.

Di tempat kejadian, Wakasek Kesiswaan SMK Negeri 2 Welak, Marianus Yuda, S. Pd mengatakan, longsor yang terjadi di rumah kontrakan gurunya itu akibat hujan deras yang mengguyur di daerah itu selama 2 hari, sejak Jumat –Sabtu (26/2/2022).

Selaku salah satu pimpinan di sekolah itu, ia turut prihatin atas peristiwa yang menimpa rumah kontrakan rekan gurunya itu.

Kepada pemerintah, baik Pemerintah Desa Wewa maupun Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk segera melakukan langkah -langkah darurat penanganan bencana demi keselamatan warga setempat.

“Saya belum melihat Pemdes setempat, Dinas Sosial Mabar dan BPBD Mabar turun melihat kondisi ril di lapangan dan memberikan bantuan kepada para korban,” kata Rian.

Takut terjadi longsoran susulan, maka para penghuni rumah itu, untuk sementara mengungsi di salah satu rumah kontrakan rekan guru mereka. (fon/*)