OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com–Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang meresmikan Gereja Santo Gabriel Kapela Santa Maria Tak Bernoda Oesuu, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Kamis (24/2/2022).

Acara ini diawali dengan pengguntingan pita di pintu masuk gedung gereja oleh Kapolres Kupang, AKBP FX.Irwan Arianto, dilanjutkan dengan misa pemberkatan oleh Uskup Agung Kupang, Mgr.Petrus Turang.

Misa pemberkatan gereja ini dihadiri Bupati Kupang, Korinus Masneno, Kajari Kabupaten Kupang, Ridwan Sujana Angsar, SH, Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Deasy Ballo Foeh dan Mesak Mbura.

Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Kupang, Korinus Masneno bersama Forkopimda Kabupaten Kupang, untuk ikut berbagi kebahagiaan, masuk dalam rumah Tuhan dalam misa pemberkatan bersama umat Gereja St.Gabriel Kapela Santa Maria Tak Bernoda Oesuu.

“Kiranya karya dan tugas pelayanan pimpinan daerah Kabupaten Kupang, senantiasa diberkati oleh Yang Maha Kuasa, dalam membangun masyarakat dan daerah menuju kehidupan yang rukun dan sejahtera,” doa Bapa Uskup Mgr. Petrus Turang.

Lebih lanjut, Bapa Uskup Mgr.Petrus Turang mengatakan, gedung gereja yang bagus saja tidak cukup, melainkan iman umatnya.

Gereja juga sebagai bagian dari masyarakat ikut terpanggil untuk terlibat dalam upaya mengatasi permasalahan yang sedang terjadi di sekitar. Salah satu contoh, Uskup ungkapkan akan pentingnya pencegahan dan penanganan stunting pada anak. Upaya penanggulangan stunting membutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk gereja.

Uskup juga berharap penanganan stunting pada anak di Kabupaten Kupang, terus ditingkatkan lagi.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno pada awal sambutannya memberi ucapan selamat ulang tahun kepada Uskup Agung Kupang yang pada 23 Februari 2022 berusia ke-75 tahun.

Bupati Kupang juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-4 kepada putera dari Erwin Yoseph,

yang menurut informasi salah satu donatur pembangunan Gereja St.Gabriel Kapela Sta Maria Tak Bernoda Oesuu.

Sebagai Pemerintah, lanjut Bupati Kupang, tentunya berbangga dengan peristiwa hari ini. Seluruh umat yang dituntun dengan rencana gerejawi yang diinisiasi oleh Keuskupan Agung Kupang, kiranya tetap berlanjut dengan misi kekristenan yang esensial dan hakiki. “Kami akan selalu berada diantara semua umat dan mendukungnya dengan sebuah keterlibatan yang aktif. Keterlibatan yang tentunya selaras dengan cita kita bersama untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera,”kata Bupati Korinus.

Selain itu, keberhasilan gereja juga akan menjadi kesuksesan dalam pencapaian pembangunan daerah. Gereja tetap memberikan harapan, terlebih di masa pandemi Covid -19. Pemerintah sebagai hamba Tuhan di dunia, akan selalu konsisten untuk mendukung gereja dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Harapan Bupati, gereja dan Keuskupan Agung Kupang kedepan, akan tetap sejalan dan bersinergi dengan program pemerintah. Walaupun berbeda kelembagaan, hubungan erat pemerintah dan gereja tak terpisahkan. Untuk itu Bupati mengajak para imam serta semua umat terus bergandengan tangan, bekerja keras, untuk senantiasa membangun umat gereja di Kabupaten Kupang. “Jadikan gereja ini sebagai rumah untuk beribadah, bersekutu, menabur kasih dan kebaikan. Jika Tuhan menghendaki gereja ini ada, maka pasti akan diberkati,”kata Bupati.

Acara ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang dan Bupati Kupang, Korinus Masneno. (Prokopim Ka.Kpg/red).