LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com— Kelas X Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Welak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat melakukan study tour di sejumlah tempat wisata di daerah itu. Selasa (22/2/2022).

Setelah melakukan study tour ke kolam ikan air tawar milik Pemda Manggarai Barat di Desa Nggorang, kali ini lokasi wisata yang dikunjungi Kelas X Jurusan UPW SMKN 2 Welak yakni Gua Istana Ular, Lodok Lembor Kecamatan Lembor dan Pantai Watu Weri Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat.

Study tour ini dalam rangka mempelajari destinasi wisata langsung di lapangan.

Tujuan lainnya, untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan pengetahuan praktis terhadap aktualisasi di lokasi destinasi yang di tuju.

Ketua Jurusan UPW SMKN 2 Welak, Darmayanti, S.M mengharapkan, hasil study tour tersebut, siswa bisa memahami, mengingat dan mempelajari lebih mendalam apa saja yang telah mereka dapatkan selama perjalanan.

“Saya berharap, melalui study tour ini, siswa/siswi Jurusan UPW bisa menjadi pemandu wisata yang profesional di kemudian hari,” harap Darmayanti.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMK Negeri 2 Welak, Mateus Handur, S.Pd menyampaikan apresiasinya kepada siswa-siswi, karena telah melihat realita tempat wisata yang ada.

Kata dia, suatu saat diharapkan bisa menjadi seorang pemandu wisata yang handal.

“Harapannya, ketika peserta didik itu tamat dari SMKN 2 Welak akan menjadi seorang pemandu wisata yang handal,” kata Mateus.

Senada dengan itu, pembina sekaligus Wakasek Kesiswaan SMK Negeri 2 Welak, Marianus Yuda,S.Pd menyebutkan, faktor yang mendorong siswa/siswi melakukan study tour tersebut adalah motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi sosial dan motivasi fantasi.

Study tour bersama siswa-siswinya itu disambut baik oleh pemandu di lokasi wisata yang mereka kunjungi, kesan Marianus.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil bagian dan mendukung kegiatan study tour Kelas X SMKN 2 Welak tersebut.

“Saya juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Guide lokal yang telah memandu kami sampai ke Gua Istana Ular sekaligus memberikan pengetahuan tambahan kepada peserta didik.

Guide lokal yang memandu rombongan study tour Kelas X Jurusan UPW SMKN 2 Welak di Gua Istana Ular saat itu yakni Cristoforus Magul, Hubertus Ngonto dan Raymundus Bagu.

Diharapkan, setelah pulang dari lokasi itu, para siswa/siswi bisa mempromosikan tempat pariwisata Gua Istana Ular ke manca negara.

Siswa/i Kelas X Jurusan UPW SMKN 2 Welak saat melakukan study tour di Rumah Gendang Poco Rutang dengan pemandangan sawah berbentuk lodok di belakangnya,Selasa (22/2/2022).

Kepada setiap pengunjung yang mendatang tempat itu juga diminta, untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Sementara di Lodok Lembor, Desa Poco Rutang, Kecamatan Lembor, kata Yuda, pemandu menjelaskan secara terperinci mengenai Lodok Lembor dan makna rumah adat  kepada para peserta didik.

“Apresiasi kepada Kepala Desa Poco Rutang, Penggelola Lodok Lembor dan tokoh adat yang sudah memberikan Ilmu tambahan bagi peserta didik kami, khususny siswa/siswi Jurusan UPW,” ucap pria yang biasa disapa Rian itu.

Setelah belajar secara langsung di obyek wisata tersebut, peserta didik bersama beberapa guru yang ikut melanjutkan perjalanan ke Pantai Repi Lembor Selatan, di sana peserta didik bersantai, dan berenang.(fon/*)