PALEMBANG, NTT PEMBARUAN.id — Demi mewujudkan terlaksananya PON Nusa Tenggara Tahun 2028, Pemprov NTT terus berupaya menggalang dukungan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Wakil Gubernur NTT sekaligus Ketua KONI NTT, Josef A. Nae Soi (JNS), Jumat (18/2/2022) melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru terkait hal tersebut.

Turut mendampingi Wagub JNS adalah para jajaran KONI NTT diantaranya Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Alex Riwu Kaho, Ketua Bidang Organisasi, Frits Bria Seran, Wakil Bendahara, Riky Kasematan, dan Anggota Organisasi, Servas Poso, serta Kaban Penghubung NTT, Donald Izaac.

“Kunjungan pertama di Sumatera ini dimulai dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel). Jadi kehadiran kita di sini guna meminta dukungan Sumsel untuk mendukung NTT dan NTB Tuan Rumah PON XXII,” jelas Wagub JNS melalui siaran pers Biro Adpim NTT, Jumat (18/2/2022).

Kata Wagub Nae Soi, Sumsel ini olahraganya sudah sangat maju bahkan sudah berhasil menyelenggarakan event-event nasional dan internasional di ibu kotanya yaitu Palembang.

Salah satunya adalah ajang Asian Games Tahun 2018 lalu, dimana Indonesia menjadi tuan rumah dengan Jakarta dan Palembang menjadi Kota penyelenggara even tersebut.

“Kita harus belajar dari Sumsel untuk kemajuan olahraganya. Palembang juga akan menjadi tuan rumah FORNAS (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) VI Tahun 2022 ini,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru mengatakan apresiasi dan dukungan untuk pelaksanaan PON XXII Nusa Tenggara.

Terkait PON Tahun 2028, kata Herman, Sumatra Selatan siap mendukung NTT dan NTB menjadi tuan rumah.

“Kita juga apresiasi bagi Pemprov NTT dan NTB yang berani mengajukan diri menjadi tuan rumah,” kata Heru.

Menjadi tuan rumah penyelenggara PON, lanjut dia, bukanlah hal yang mudah.

Anggaran harus disiapkan dengan baik, pembangunan venue-venue serta peningkatan pola pembinaan para atlet.

“Karena itu, kita harap NTT dan NTB bisa bergandeng tangan untuk wujudkan PON Tahun 2028 nanti,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk memajukan bidang olahraga maka sangat diperlukan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

“”Kita di sini sangat memperhatikan bidang olahraga untuk bisa jadi industri. Palembang kini mempunyai sarpras olahraga yang lengkap. Di wilayah sarpras yang saling terintegrasi ini akan dibangun Sekolah Tinggi Olahraga dan sport science yang nantinya akan menjadi sport industri,” tandas Gubernur Heru.(red/*)