YOGYAKARTA, NTT PEMBARUAN.com–Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemprov DIY) mendukung Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XXII Tahun 2028.

Dukungan itu disampaikan langsung Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di hadapan Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi yang juga Ketua KONI NTT di Yogyakarta, Selasa (15/2/2022).

Kedatangan Wagub NTT, Josef A. Nae Soi saat itu untuk meminta dukungan Pemprov DIY dan KONI-nya mendukung NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII Tahun 2028.

Sebelumnya, Wagub Nae Soi sudah bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk meminta dukung serupa, dan Pemprov Jateng siap mendukung NTT dan NTB jadi tuan rumah PON XXII 2028.

“Pada prinsipnya, DIY mendukung pelaksanaan PON XXII Nusa Tenggara Tahun 2028. Kita sama-sama saling mendukung untuk hal itu,” ungkap Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di hadapan Wagub Nae Soi di Yogyakarta, Selasa (15/2/2022).

Yang perlu diperhatikan, menurut Sri Sultan, pembinaan dan pengembangan atlet, jangan sampai ada venue tapi tidak ada atlet ataupun sebaliknya.

Sementara itu, Ketua KONI Yogjakarta, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto menjelaskan secara prinsip mendukung NTT dan NTB menjadi tuan rumah PON XXII.

“Kita akan dukung pelaksanaanya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan adalah syarat-syarat dalam mengikuti bidding, termasuk anggarannya. Perlu ada evaluasi normatif setelah event PON buat apa dengan venue-venue yang ada,” ungkapnya.

Turut mendampingi Wagub NTT, Josef A. Nae Soi saat itu, Ketua Bidang Organisasi KONI NTT, Frits Bria Seran, Wakil Bendahara, Riky Kasematan, Kepala Badan Penghubung, Donald Izaac dan Anggota Bidang Organisasi, Servas Poso.(red/*)