LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–Untuk memenuhi kewajiban, PT Suramadu Nusantara Enjinering (SNE) melakukan perbaikan ruas jalan Dahang-Tentang-Sirimese sejak Rabu (9/2/2022) lalu.

Perbaikan tersebut merupakan komitmen penyedia dalam melakukan pemeliharaan ruas jalan yang dikerjakan pada bulan Juli hingga Desember 2021 lalu itu.

“Pemeliharaan tersebut merupakan komitmen kami sebagai penyedia dalam melakukan pemeliharaan ruas jalan yang baru dikerjakan pada bulan Juli hingga Desember 2021. Ini merupakan bentuk tanggungjawab kami sebagai penyedia terhadap amanah yang diberikan oleh pemerintah daerah,” tandas Florianus Salnovari Blaang Kepada wartawan di Labuan Bajo, Selasa (15/2/2022).

Pihaknya melakukan perbaikan di beberapa titik ruas jalan yang rusak ringan akibat curah hujan yang cukup tinggi pada bulan Desember 2021 lalu.

“Kami mengerahkan alat berat untuk melakukan pembersihan di beberapa titik ruas jalan di lokasi. Selain itu, ada beberapa titik ruas jalan yang diaspal kembali. Intinya, bahwa ruas jalan tersebut masih dalam tahap pemeliharaan,” beber Florianus.

Lebih lanjut Florianus mengatakan, pengaspalan kembali di beberapa titik yang mengalami rusak ringan telah selesai dikerjakan. Menurutnya, pemeliharaan akan berlanjut hingga batas waktu yang ditentukan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

“Dalam kurun waktu pemeliharaan, pihak kami tentu tidak lepas tangan atas kerusakan jalan yang kami kerjakan. Pemeliharaan ini sifatnya berlanjut sampai batas waktu yang ditentukan,” pungkasnya.

Sementara itu,Pejabat Pembuat Komitmen Pekerjaan Jalan Dahang-Tentang-Sirimese, Robertus Harvey Jati, ST membenarkannya.

Kata Jati, PT. Suramadu Nusantara Enjiniring sudah melakukan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan ringan di lokasi.

Penyedia telah melaksanakan kewajibannya sejak tanggal 9 Februari 2021 lalu.

Kata Jati, setelah mendapat surat perintah, Penyedia Jasa Konstruksi PT. Suramadu Nusantara Enjiniring langsung melakukan perbaikan di lapangan.

Hal itu sesuai hasil identifikasi, dengan mengatur waktu yang tepat, sehingga tanggal 9 Februari 2022 penyedia sudah mulai melakukan perbaikan, mulai dari perbaikan pemasangan batu dengan mortar dan yang terakhir adalah perbaikan aspal yang tipis.

Selain itu, perbaikan titik-titik badan jalan yang berpotensi rusak.
Saat ini kondisi ruas jalan Dahang – Tentang – Sirimese sudah dalam keadaan baik.

“Kita doakan bersama agar dalam waktu yang akan datang tidak terjadi kerusakan lagi, sehingga pengguna jalan dapat merasakan manfaat jalan dengan maksimal,” tutur Robertus.

Kepada seluruh masyarakat yang berada di sepanjang ruas jalan tersebut sama-sama memperhatikannya.

“Kalau ada kondisi saluran dan gorong-gorong/deker yang tertutup kayu atau longsoran tebing, pihaknya minta untuk membersihkannya sebisa mungkin agar akses jalan tidak terhambat, sambil menginformasikan untuk penanganan lebih lanjut ataupun untuk memobilisasi alat berat dalam waktu dekat.

Jangan biarkan sampai ada kerusakan pada saluran, deker dan badan jalan baru,” pesan dia.

“Masyarakat juga diharapkan untuk menginformasikan kepada kami, baik melalui pemerintah setempat maupun publikasi-publikasi lewat media online atau facebook, sehingga segera tertangani. Kami juga ingin agar aset jalan tersebut tetap terjaga dengan baik karena jalan tersebut adalah aset bersama pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia minta kepada masyarakat kalau menemukan ada kerusakan di ruas jalan itu segera dikoordinasikan dengan Dinas Bina Marga, Bina Konstruksi dan Perhubungan selaku penanggung jawab ruas jalan tersebut melalui pemerintah setempat, yakni pemerintah desa dan Kecamatan setempat,” saran dia.

Adapun item yang diindetifikasi rusak dan diperbaiki oleh penyedia, menurut Robertus yaitu drainase pasangan batu dengan mortar dan ada satu titik pada tikungan Sta. 15+675 yang tipis, akan tetapi ukurannya tipis.

Sebenarnya menurut dia, sudah di luar lebar 3.5 meter (lebar rencana), tetapi saat pembentukan superelevasi badan jalan maka salah satu sisi jalan harus lebih rendah, sehingga yang lebarnya lebih dari 3.5 meter menjadi tipis.(fon)