RUTENG, NTT PEMBARUAN.com — Dalam rangka merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day, Komunitas Ekstrakurikuler Jurnalistik Pers Smansa Narang menggelar nonton bareng dalam Acara Bioskop Pers Smansa Valentine Day.

Kegiatan yang memutar film layar lebar ala komunitas Pers Smansa tersebut melibatkan seluruh anggota komunitas dan ratusan siswa-siswi SMA Negeri 1 Satarmese.

Selain itu, hadir pula Kepala SMA Negeri 1 Satarmese yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Paulus Harto, S. Pd., Gr, guru SMA Negeri 1 Satarmese dan beberapa mahasiswa Universitas Boedi Utomo Malang yang sedang melaksanakan PPL pada Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese.

Adapun film yang diputar dalam bioskop Pers Smansa edisi Valentine adalah film layar lebar yang masuk dalam rekor MURI Tahun 2019 dengan judul Sang Prawira.

Film ini mengisahkan seorang pemuda “Horas” yang adalah seorang pemuda kampung di tepian danau Toba. Horas yang berasal dari keluarga yang penuh dengan keterbatasan bercita-cita menjadi seorang Polisi, namun ditantang oleh ayahnya yang menginginkan Horas menjadi seorang pengusaha.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, Senin (14/02/2022) bertempat di Aula SMA Negeri 1 Satarmese.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 18.00 waktu setempat mampu menyedot perhatian dari para siswa-siswi yang hadir, dan para guru yang sempat menyaksikan pemutaran film dengan rekor keterlibatan polisi dalam memerankan beberapa tokoh dalam film tersebut.

Film ini merupakan hasil kerja sama dengan Lembaga Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dimana di dalamnya hadir beberapa tokoh penting seperti Ganjar Pranowo, Tito Karnavian, Yasona Laili dan beberapa pejabat tinggi dalam Lembaga kepolisian daerah.

Dalam sambutannya, Koordinator Pembina Komunitas Ekstrakurikuler Jurnalistik Pers Smansa Narang, Gregorius Ganggur menyampaikan pemutaran bioskop Pers Smansa merupakan hal yang dilakukan oleh komunitasnya untuk memfasilitasi siswa-siswi yang ada di SMA Negeri 1 Satarmese agar dapat merasakan dan menikmati film layar lebar, yang walaupun menurut dia masih jauh dari kekurangan layaknya layar lebar sesungguhnya di kota-kota besar.

“Pada malam ini, Senin (14/2/2022) malam, kita semua berada dalam ruangan ini, oleh karena komunitas Pers Smansa merasakan bahwa kita semua yang ada di lembaga pendidikan ini, juga menikmati hiburan dalam bentuk nonton bareng dengan pemutaran film yang pernah ditayangkan melalui layar bioskop sesungguhnya. Komunitas Pers Smansa merasa terpanggil, untuk memfasilitasi kita semua untuk sedikit menikmati penayangan film layar lebar. Kalaupun kita sebagai panitia menyadari bahwa masih sangat jauh dari apa yang sesungguhnya dalam bioskop, terutama fasilitas yang kurang memadai”, ucap guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Satarmese itu.

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa pemutaran film Sang Prawira dalam momen Valentine Day, merupakan hal yang tidak biasa dilakukan dalam merayakan hari kasih sayang tersebut. Dia mengatakan, biasanya dalam perayaan hari kasih sayang selalu identik dengan kegiatan tukar kado, ataupun pesta ria. Namun menurutnya, Komunitas Pers Smansa merasa kasih sayang bukan sekadar cinta atau kasih sayang antara dua lawan jenis, tetapi lebih dari pada itu adalah mencintai profesi atau tugas pokok, mencintai keluarga, mencintai diri sendiri dalam bentuk menghargai niat atau cita-cita yang paling penting adalah mencintai bangsa tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Perayaan Valentine ala Pers Smansa memang lain dari kebiasaan umum selama ini, Pers Smansa merayakan dan mengajak kita untuk bersama dalam ruangan ini untuk merayakan hari kasih sayang lewat nonton film bersama. Karena kasih sayang bukan hanya sekadar cinta antara dua lawan jenis, melainkan cinta pada profesi atau tugas utama kita, mencintai diri sendiri dalam bentuk menghargai cita-cita kita dan yang tak kalah penting adalah mencintai bangsa kita tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang sekiranya dapat kita pelajari dari film yang kita tonton sore ini”, tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Paulus Harto, S. Pd,. Gr saat membuka kegiatan itu menyampaikan apresiasinya kepada Komunitas Ekstrakurikuler Jurnalistik Pers Smansa yang telah berinisiatif untuk membuat kegiatan dengan pemutaran film layar lebar.

“Ini adalah sebuah terobosan baik yang sekiranya dapat memberikan manfaat dalam perubahan perilaku dan cara pandang kita terhadap makna hari kasih sayang,” ujarnya.

Atas nama Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, ia menyampaikan apresiasi kepada Pers Smansa yang telah berinisiatif membuat kegiatan penayangan film lewat kegiatan nonton bareng malam ini.

” Ini adalah hal baik yang mestinya kita semua patut berbangga, sehingga kita semua yang hadir untuk menyaksikan film yang akan ditayangkan malam ini memahami betul dan mengubah cara pandang kita tentang kasih sayang itu sendiri”, kata beliau saat membuka secara resmi acara nonton bareng bioskop Pers Smansa untuk memeriahkan hari kasih sayang tahun ini.

Saat menutup kegiatan, beliau menyampaikan kesan terhadap film yang disajikan lewat bioskop Pers Smansa.

Dia mengatakan film Sang Prawira yang ditayang sungguh memberikan banyak pesan kepada penonton, utamanya siswa-siswi SMA Negeri 1 Satarmese yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut. (fon/*)