KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Progres fisik pembangunan rehablitasi jaringan irigasi Lembor di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga tanggal 29 Januari 2022 sudah mencapai 98,5 persen.

Progres itu merupakan akumulasi dari 5 titik yang tergabung dalam paket Rehablitasi Jaringan Irigasi Lembor yang dikerjakan secara multi years, sejak 2021 hingga tanggal 22 Februari 2022, kata PPK Irigasi dan Rawa II Satker PJPA Nusa Tenggara II Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi Nusa Tenggara Timur, Yan Tampani kepada media ini di Kupang, Senin (14/2/2022).

Dari 5 titik yang dikerjakan itu, tiga diantaranya sudah selesai 100 persen, yakni jaringan irigasi Wae Lombur, jaringan  irigasi Wae Sesap dan jaringan irigasi Wae Sele. Sedangkan,dua titik lainnya, masing-masing jaringan irigasi Wae Kanta masih tersisa sekitar 120 meter, dan jaringan irigasi Wuncung tinggal pembangunan talangnya saja.

Dari pengakuan para pekerja di lapangan, kata Yan, kendala utama yang mereka hadapi adalah cuaca, apa lagi pada bulan Januari sampai dengan Februari 2022 ini curah hujannya cukup tinggi, sehingga mempengaruhi percepatan progres fisik.

“Tadi pagi, Senin (14/2/2022), saya sudah komunikasi dengan teman-teman di lapangan, dan mereka optimis selesai tepat waktu hingga masa akhir kontrak tanggal 22 Februari 2022 mendatang,” tandasnya. (red)