SoE, NTT PEMBARUAN.com–Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban Vices Nae yang terseret banjir saat menyebrang Sungai Noe Pom di Desa Pisan, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kamis (10/2/2022), dalam keadaan meninggal dunia.

Korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada Jumat (11/2/2022) jam 09.20 Wita, tepatnya di titik koordinat 9’43 47.59 S–124’34’16 80 E kurang lebih 2 KM dari LKK.

Selanjutnya, korban dievakuasi untuk diserahkan ke pihak keluarga.
Awalnya, Kamis (10/2/2022) pukul 23.18 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menerima laporan dari Bapak Iskandar yang melaporkan korban terseret banjir saat menyeberang Sungai Noe Pom di Desa Pisan, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten TTS.

Dari laporan yang diterima oleh Petugas Siaga SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang diteruskan ke Kasi Operasi dan Siaga, dan setelah mengkonfirmasi laporan tersebut ke pihak keluarga korban dan instansi terkait lainnya, ternyata memang benar telah terjadi musibah yang menimpa korban
Vices Nae ( 40 ) tahun, jenis kelamin perempuan yang adalah warga Desa Pisan, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten TTS.

Selanjutnya, pukul 23.40 Wita, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer, S.E.,M.M melalui Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Saidar Rahmanjaya, S H.M.A.P diberangkatkan satu Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang berjumlah 10 (sepuluh) orang ke lokasi musibah dengan
menggunakan 1 (satu) unit Rescue D-max , 1 (satu) unit Rubber Boat, dilengkapi palsar air dan membawa palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan Operasi SAR.

Pada hari Jumat pukul 06.20 Wita, Tim Rescue tiba di lokasi langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten TTS, Polsek Oeekam dan keluarga korban, dilanjutkan dengan pencarian korban di sekitar aliran Sungai Noe Pom.

Pukul 09.20 Wita, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 9°43’47.59″S – 124°34’16.80″E kurang lebih 2 KM dari LKK.

Selanjutnya, korban langsung dievakuasi dan diserahkan ke pihak keluarga.

Adapun Team SAR Gabungan yang terlibat antara lain, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, BPBD Kabupaten TTS, Polres Amanuban Timur, Camat Amanuban Timur, Aparat Desa Pisan, keluarga korban dan masyarakat setempat.

Dengan telah ditemukannya korban tersebut, Operasi SAR dinyatakan selesai dan semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer,S.E.,M.M mengucapkan terima kasih atas tugas kemanusiaan yang telah dilaksanakan secara bersinergi dengan seluruh Potensi SAR yang ada.

“Kita berharap, semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Dalam kondisi cuaca yang extrem, semua warga masyarakat harus lebih waspada untuk.menghindari hal- hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya (red/*)