BA’A, NTT PEMBARUAN.com–Hingga Rabu, 9 Feburuari 2022 pukul 18.00 Wita, Tim SAR belum menemukan seorang anak yang terseret banjir saat menyebrangi sungai Oemikudale, Dusun Oenitas, Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao.

Awalnya, Rabu (9/2/2022) pukul 15.45 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang menerima laporan dari Kades Nggodimeda, Welkis Ballo melaporkan seorang anak bernama Vika Seubelan (10) asal Desa Nggodimeda terbawa arus air banjir saat menyeberang sungai di Oemikudale, Desa Nggodimeda, Rote Tengah.

Dari laporan yang diterima oleh Petugas Siaga SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang diteruskan ke Kasi Operasi dan Siaga, dan setelah dilakukan cross check beritanya bahwa memang benar ada kejadian tersebut.

Selanjutnya pukul 16.05 Wita, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frizer, S.E.,M.M melalui Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Saidar Rahmanjaya, S H.M.A.P memerintahkan satu Tim Rescue Unit Siaga SAR Rote berjumlah 7 orang dengan menggunakan 1 (satu) unit Rescue D-max , dilengkapi palsar air dan palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan Operasi SAR.

Pukul 16.31 Wita, Tim Rescue tiba di Desa Nggodimeda, Rote Tengah dan langsung berkoordinasi dengan Kapolsek Rote Tengah dan keluarga korban, melakukan upaya pencarian.

Upaya pencarian itu melibatkan keluarga, masyarakat, dan aparat setempat namun korban belum ditemukan. Dilanjutkan dengan penyisiran di sekitar LKK oleh Tim SAR Gabungan hingga pukul 18.00 Wita, hasil pencarian sementara masih nihil dan akan dilanjutkan Kamis (10/2/2022) pukul 06.15 Wita.

Pada hari Kamis (10/2/2022) pukul 04.00 Wita diberangkatkan Tim penyelam Anggota Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang berjumlah 4 ( empat ) orang dilengkapi dengan peralatan selam dan sonar deteksi bawah air aqua eye melalui jalur selatan Perairan Kupang-Rote dengan menggunakan RIB 10 Kupang.

Unsur SAR yang terlibat diantarannya Unit Siaga SAR Rote Ndao, BPBD Kabupaten Rote Ndao, Polsek Rote Tengah, Sekcam Rote Tengah, Kepala Desa Nggodimeda, keluarga korban dan masyarakat setempat.

Semoga dengan bersinerginya semua potensi SAR dan masyarakat setempat korban dapat segera ditemukan. (red/*)