LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022, PT. Pelindo Wae Kelambu Labuan Bajo bersama Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Nakertranskop UKM) Kabupaten Manggarai Barat melaksanakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan untuk karyawan perusahaan.

Kegiatan tersebut sesuai tema Nasional “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Nakertranskop UKM) Kabupaten Manggarai Barat, Kamis(10/2/2022).

“Kegiatan donor ini untuk mendukung bulan K3 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2022. Kami dari Pelindo Labuan Bajo, khususnya permintaan golongan darah ini sangat tinggi ditambah lagi pada saat pandemi seperti sekarang ini. Golongan darah ini dibutuhkan bagi pasien-pasien yang membutuhkan darah,” kata GM Pelindo Pelabuhan Labuan Bajo, Dimaz Yuliono kepada media ini di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Nakertranskop UKM) Kabupaten Manggarai Barat, Kamis(10/2/2022).

Dikatakan Dimaz, kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah daerah yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan pada karyawan.

“Untuk mendukung kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan, terutama kami di Pelindo ingin berkontribusi kepada daerah bahwa program ini juga penting bagi masyarakat.

Jadi tidak serta merta mendonorkan darah kita ke orang lain. Semuanya itu bentuk kepedulian sosial kepada orang lain dan itu sangat baik bagi kesehatan si pendonor,” papar dia.

“Awalnya, kita melakukan kegiatan donor darah. Ke depan, kita akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk mensosialisasikan, tidak hanya donor mungkin ada juga program-program yang berkaitan dengan kesehatan lainnya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” urainya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Nakertranskop UKM) Kabupaten Manggarai Barat, drh. Theresia Primadona Asmon mengatakan, agar bisa secara mandiri pelayanan kesehatan dan promosikan K3 diinternal perusahaan.

“Awal bulan Januari sekitar tanggal 12 kita mengeluarkan surat ke semua perusahaan dalam rangka peringatan K3 Nasional. Ada beberapa hotel dan perusahaan yang sudah melakukan secara mandiri pelayanan kesehatan dan mempromosikan K3 di internal perusahannya. Sedangkan, kita memfasilitasi perusahaan yang belum bekerjasama dengan Rumah Sakit,” kata drh. Theresia Primadona Asmon, di Labuan Bajo, Kamis (10/2/2022.)

Sementara yang dilakukan PT. Pelindo, kata dia, kerjasama dengan PMI, RSUD Komodo Labuan Bajo, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit St. Yosef Labuan Bajo dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan bersma-sama memberikan kontribusi menjelang hari terakhir K3 Nasional.

Sebelumnya juga sudah ada sosialisasi secara khusus bagi peserta BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan untuk perusahaan -perusahaan yang belum mendaftar BPJS ketenagakerjaan.

“Hari ini, Kamis (10/2/2022) kegitannya pemeriksaan kesehatan dan donor darah bagi karyawan, kemudian besok ada jalan sehat. Jadi, kegiatan K3 ini ditutup dengan jalan sehat bersama karyawan perusahaan.

Target donor hari ini, Kamis (10/2/2022) 50 kantong darah dan, itu target maksimum,” sebutnya. (fon)