LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Ke-76 Tahun, tanggal 9 Februari 2022, Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) di Labuan Bajo, mengadakan pelatihan jurnalistik dan fotografi kepada siswa/i di SMKN 3 Komodo.

Kegiatan yang digagas Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat, Rabu (9/2/2022) itu mengusung tema “Genjot Pariwisata dengan Fotografi”.

Materi yang diajarkan seputar teknik wawancara, penulisan berita, dan pengambilan foto/video sehingga hasil bagus, kata Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat, Gerasimos Satria di SMK Negeri 3 Komodo, Rabu ( 9/2/2022).

Pelatihan itu, untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut, sehingga siswa mampu bersaing di dunia industri pariwisata.

“Kami sengaja memilih kegiatan itu karena Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium harus menyiapkan pelajar yang mampu bersaing di dunia industri pariwisata yang memiliki kemampuan untuk mempromosikan obyek wisata melalu foto, vidio dan narasi yang disampaikan” kata Satria yang juga wartawan VictoryNews yang ditugaskan di Manggarai Barat itu.

Sementara itu, salah satu wartawan senior Manggarai Barat, Yohanes Wao Lewar menyampaikan selamat kepada rekan jurnalistik tanah air dimanapun berada karena pada hari ini, Rabu (9/2/ 2022) memperingati Hari Pers Nasional.

” Yang ingin saya sampaikan adalah pertama kita harus bersikap jujur terhadap diri kita dan juga terhadap para narasumber. Kedua, tidak boleh melakukan intimidasi narasumber, ketiga tidak boleh melakukan pemerasan, dan keempat, hargai profesimu untuk kepentingan masyarakat banyak dan berharap agar masyarakat tidak merasa teraniaya dari konteks berita kita,” pesan Yohanes.

Sebagai wartawan, lanjut wartawan Metro TV itu, harus bersikap jujur, tegas, lugas, tuntas, akurat dan terpercaya.

Pada tempat yang sama, Kepala SMKN 3 Komodo, Hortensia Herima, S.Pd menyampaikan rasa bangganya karena memilih sekolahnya untuk melakukan pelatihan jurnalistik.

Menurut dia, ini merupakan suatu kesempatan yang luar biasa bagi pelajar untuk mendapatkan ilmu jurnalistik dan fotografi.

“Terima kasih kepada Persatuan Wartawan Manggarai Barat karena telah memilih sekolah kami untuk dijadikan lokasi pelatihan jurnalistik dan fotografi,” ungkap wanita yang biasa disapa Ibu Osi itu.

Dirinya berharap, agar pelatihan tersebut mampu menghasilkan fotografer yang handal, sehingga bisa bersaing dengan para fotografer dari luar yang datang ke Labuan Bajo.

“Karena itu, momen yang luar biasa ini harus kita manfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (fon)