RUTENG, NTT PEMBARUAN.com–Bupati Manggarai, Hery G.L. Nabit kembali mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai bahwa jabatan bukanlah hak, tetapi merupakan sebuah kepercayaan.

Ketika dimaknai sebagai kepercayaan maka jabatan itu hanyalah titipan, tidak kekal, tidak perlu dikejar–kejar, berjalan normal, naik dan turun tetap bekerja dengan hati, tetap bekerja dengan performance yang terbaik dimanapun saudara ditempatkan, pesan Bupati Hery Nabit saat melantik 139 pejabat baru di Lingkup Pemkab Manggarai yang berlangsung di Gedung Manggarai Convention Center (MCC), Rabu (2/2/2022).

Bupati Hery menyampaikan, untuk menjalankan roda pemerintahan serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat maka perlu dilakukan pelantikan pejabat yang akan bertanggung jawab terhadap tugas itu.

Ia juga mengatakan bahwa, mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014, tentang manajemen Aparatur Sipil Negara, jabatan administrator bertanggung jawab, memimpin pelaksanaan seluruh pelayanan publik serta adminstrasi pemerintahan dan pembangunan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah harus dimaknai sebagai penugasan atau kepercayaan untuk menjadi pemimpin dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, kualitas administrasi pemerintahan serta kualitas pembangunan di Kabupaten Manggarai pada bidang masing-masing.

“Promosi dan rotasi adalah hal yang biasa, yang dapat promosi tidak perlu bereforia berlebihan, cukuplah untuk kita sadar bahwa kepercayaan harus dibalas dengan tanggung jawab. Bagi saudara-saudari yang mengalami rotasi, tidak perlu kecewa, mari dimaknai secara positif supaya kita semakin kaya dengan pengalaman dan pengetahuan, sekaligus merangsang daya inovasi sehingga kehadiran saudara-saudari di tempat tugas yang baru akan berdampak positif dalam peningkatan kinerja organisasi,” ungkapnya.

“Promosi dan rotasi jabatan menunjukan bahwa kita semua adalah penting dalam pembanguan di Kabupaten Manggarai pada masa ini dan masa mendatang,” ujar dia.

Karena itu, diminta agar semua berkerja sama, bekerja keras dan bekerja cerdas serta tetap berkomunikasi satu sama lain, demi terwujudnya Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing.

“Hasil dari pelantikan hari ini, Rabu (2/2/2022,red) ada tiga yaitu yang mendapat promosi, yang mengalami rotasi dan berdasarkan Perbup yang baru, difungsikan di tempat-tempat yang baru sesuai dengan keahliannya dan kebutuhan organisasi” tandas Bupati Hery.

Jabatan administrator kata dia, mensyaratkan tiga kompetensi diantaranya managerial, tekhnis dan sosial kultural. Termasuk juga penguasaan tekhnologi karena tekhnologi membantu pekerjaan. Yang dibutuhkan hari ini lanjut Bupati Hery adalah supaya menghentikan ego masing-masing, hari ini adalah kerja kolaborasi, tidak saja berkerja sama, tetapi juga sama-sama bekerja. Kolaborasi adalah sebuah keharusan, tutupnya. (fon/*)