KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Ketua  DPD Partai Demokrat  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Terpilih, Leonardus Lelo berjanji, partai yang dinahkodainya di NTT siap berkoalisi bersama  rakyat.

“Partai Demokrat adalah rumah kita bersama . Mari, kita sama –sama menyuarakan untuk kepentingan masyarakat ,” ajak Leo Lelo saat berbincang-bincang dengan wartawan di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi NTT di Jalan Hati Mulia, Kecamatan Oebobo, Kota  Kupang, Sabtu (29/1/2022).

 Secara konseptual  di mata Leo Lelo, ada   4 lembaga yang bertanggungjawab  terhadap maju mundurnya negara  atau secara teoritis, ada 4 agen perubahan nilai dan perilaku sosial di masyarakat,  yaitu Pemerintah, Partai Politik, Lembaga Pers, dan Lembaga Agama.

Apabila ada kolaborasi  antar 4 agen ini, Partai Demokrat mempunyai keyakinan bahwa apa yang menjadi impian, harapan untuk rakyat bisa maju dan rakyat bisa sejahtera itu  bisa terwujud.

“Secara pribadi dan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat  NTT Terpilih, saya mengharapkan bahwa media itu salah satu agen untuk memberikan perubahan nilai dan perilaku sosial  karena  bagaimana pun pemberitaan-pemberitaan itu akan memberikan pencerahan, perubahan nilai dan perilaku sosial di masyarakat .Jadi, apabila keterlibatan media itu masih minim, maka peran lembaga pers itu belum memberi kontribusi untuk mengubah perubahan nilai dan perilaku sosial di masyarakat,” kata Leo.

“Kalau media  memberikan pencerahan atau edukasi politik kepada rakyat, maka kita bisa tahu seperti apa sih peran partai politik (Parpol) itu dalam mendukung program pemerintah yang berpihak kepada kesejahteraan rakyat.  Harapan kami, Partai Demokrat  bersama media  sama-sama berpartisipasi bersama rakyat  atau berkoalisi dengan rakyat, karena Partai Demokrat  Ini rumah kita bersama.  Karena itu, peran media  suatu hal yang luar biasa untuk membangun daerah ini,” tandasnya.

Kerwakilan Gender 35 Persen

 Leo Leo juga menyebutkan, total calon kepengurusan baru DPD Partai Demokrat NTT Periode 2021 –2026 sebanyak 141 orang dengan komposisi keterwakilan gender 35 persen dan laki-laki 65 persen.

Sementara, klasifikasi umur, di bawah 40 tahun  sebesar 55 persen,dan  di atas 40 tahun sebesar 45 persen. Dari sisi agama, Islam 6 persen, Kristen Protestan 44 persen dan Katolik 50 persen. Kemudian, dari   keterwakilan secara kewilayahan, Sumba 15 persen, Flores 35 persen dan daratan Timor 50 persen.

Saat ini,  pihaknya  sedang mempersiapkan konsilidasi  tanggal 5 Februari 2022  di Grand Mutiara Kupang  dan persiapan  pelantikan pengurus baru periode 2021—2026  awal Maret 2022 mendatang.

Tahapan selanjutnya nanti, persiapan Musyawarah Cabang (Muscab) di 22 kabupaten/kota di NTT. Setelah Muscab, agenda besar untuk memenangkan Pileg, Pilpres  dan Pilkada Tahun 2024 mendatang.

“Kami mempunyai obsesi,  Partai Demokrat ini adalah partai yang modern, partai yang bisa membantu, dan memberi dampak positif bagi kesejahteraan rakyat,” tukasnya. (red)