LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi kembali melantik 145 Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP) yang berlangsung di Aula Lantai 1 Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (25/01/2022).

Rinciannya, Kepala Sekolah Dasar (SD) 109 orang, dan Kepala Sekolah SMP sebanyak 36 orang.

“Saatnya mulai tergerak dan bangkit untuk mengejar ketertinggalan yang dialami. Saya percaya bapak dan ibu yang hari ini, Selasa (25/1/2022) dilantik adalah orang-orang pilihan semua, orang-orang berjasa yang akan mampu mengantarkan sektor pendidikan ini ke arah yang lebih baik, kompetitif dan bermutu,” kata Bupati Edistasius Endi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Manggarai Barat, Selasa (25/1/2022).

Bupati Edi mengingatkan kepada para kepala sekolah dalam hal mendidik siswa yang pertama adalah akhlaknya kemudian budi pekertinya.

Kalau itu sudah dijalankan akan melahirkan generasi mental yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siapapun.

“Kabupaten Manggarai Barat menitipkan anak bangsa ke tangan bapak dan ibu sekalian untuk didiklah para siswa yang pertama adalah ahlaknya dan, budi pekertinya. Kalau itu sudah dijalankan maka yakin generasi-generasi mental yang berkualitas dan mampu bersaing dengan siapapun, baik dengan sesama anak bangsa di dalam negeri ini maupun dari luar negeri ,” pesan Bupati Edi Endi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pendidikan sangat penting maka RPJMD Kabupaten Manggarai Barat 2021-2026 pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi prioritas yang ditempatkan sebagai misi kedepan dari rencana jangka menengah di daerah itu.

“Karena pendidikan ini sangat penting maka RPJMD Kabupaten Manggarai Barat 2021-2026 lebih diprioritaskan kepada pembangunan SDM yang berkualitas sebagai misi ke depan dari rencana jangka menengah Kabupaten Manggarai Barat. Mengingat pentingnya pendidikan kita semua dituntut untuk membangun pendidikan yang lebih baik di daerah ini, pendidikan yang merata, berkeadilan tetapi juga harus berorentasi pada mutu,” tandasnya.

Kata Bupati Edi Endi, selain guru, orangtua dan masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk memotivasi dan menciptakan iklim yang kondusif bagi proses belajar anak-anak.

Kepada para kepala sekolah, Bupati Edi Endi minta, untuk bersikap cerdas, jujur dan transparan dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu, salah seorang Kepala Sekolah SDI Ngancar Lembor, Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Oskar Moang Nes Fernandes, S.Pd kepada media ini setelah pelantikan berjanji akan menjalankan tugas dengan cerdas, jujur dan sesuai dengan aturan yang berlaku.(fon)