LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Barat melaksanakan kegiatan pelatihan petugas untuk kegiatan survei angkatan nasional (Sakernas) di Hotel Kalton Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores NTT, Senin (24/1/2022).

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari efektif yaitu pada tanggal 24 sampai dengan 25 Januari 2022. Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Manggarai Barat, Yosef Danu, S.Si, dengan instruktur daerah Ir Oran Gura.

Protokol kesehatan tetap diterapkan dalam pelatihan tersebut dengan jumlah 8 orang petugas.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai Barat, Yosef Danu, S.Si mengatakan kegiatan tersebut bertujuan Sakernas bulan Februari tahun ini untuk mendapatkan gambaran angkatan kerja dan pengangguran di Provinsi NTT untuk Manggarai Barat sendiri pada bulan Agustus 2022 mendatang.

“Ini kegiatan pelatihan petugas untuk kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas). Tujuan Sakernas bulan Februari ini untuk mendapatkan gambaran angkatan kerja dan pengangguran di Provinsi NTT (Gambaran untuk Manggarai Barat nanti bulan Agustus baru lakukan survei),” kata Yosef Danu, S.Si dalam press release yang diterima media ini, Senin, 24/01/2022 di Labuan Bajo.

Pelatihan petugas Sakernas di Hotel Kalton, Labuan Bajo, Senin ( 24/01/2022.

Berikut butir-butir arahan pelatihan petugas Sakernas 2022 di Kabupaten Manggarai Barat.

  1. Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) adalah survei yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan.
  2. Kegiatan Sakernas 2022 dilakukan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus.
    Sakernas Februari didesain untuk penyajian estimasi pada level provinsi dan nasional. Sakernas Agustus dirancang untuk menyajikan estimasi pada level kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
  3. Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Februari 2022 adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan (Gambaran untuk level provinsi).
    Secara khusus, Sakernas bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat nasional dan provinsi.
    Selain itu, Sakernas Februari 2022 juga mempunyai tujuan khusus untuk mengumpulkan informasi terkait dampak COVID-19 terhadap ketenagakerjaan di Indonesia.
  4. Sakernas mengumpulkan keterangan dari setiap rumah tangga terpilih mengenai keadaan umum setiap anggota rumah tangga (nama, hubungan dengan kepala rumah tangga, jenis kelamin, bulan dan tahun lahir serta umur).
  5. Pada anggota rumah tangga yang berumur 5 tahun ke atas, dikumpulkan informasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), status perkawinan, partisipasi sekolah, pendidikan dan pelatihan, tempat lahir, tempat tinggal 5 tahun yang lalu, disabilitas, kegiatan bekerja seminggu yang lalu, pekerjaan utama, pemanfaatan internet, kegiatan mencari pekerjaan/mempersiapkan usaha baru, pengalaman kerja, kegiatan lainnya (sekolah, mengurus rumah tangga, dan kegiatan laiinya), serta program kartu prakerja.(fon/*)