OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com– Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menghadiri misa syukur pentahbisan Imam Baru, RD.Hironimus Taolin di Paroki Santa Maria Bunda Orang Miskin Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/1/2022).

Misa syukur ini mengambil tema “Kebenaran Itu Akan Memerdekakan Kamu”.

Dalam sambutannya, Romo Heronimus Taolin mengucapkan terima kasih untuk semua keluarga dan semua pihak atas segala doa dan dukungan yang diberikan hingga sampai saat ini.

Keinginannya menjadi seorang Imam ini muncul saat dia masih duduk dibangku SMP.

Namun, banyak tantangan yang Romo Heronimus jumpai baik dari pihak keluarga, kerabat maupun dari orang sekelilingnya.

“Manusia melihat rupa, tetapi Tuhan melihat hati. Banyak yang meragukan keputusan saya sebagai seorang Imam, hingga terkadang saya juga meragukan diri saya sendiri,namun ada satu perkataan dari seorang Romo di Paroki ini bahwa ketika semua meragukan kamu tapi kamu masih bertahan sejauh ini, maka ingatlah bahwa ini semua karena kehebatan Tuhan”, jelas Taolin.

Tidak mudah untuk seseorang membangun hidup pada kebenaran Tuhan. Butuh pengorbanan dan perjuangan untuk memperjuangkannya agar menuai hasil yang baik seperti yang dialami Imam yang satu ini. Tahbisan Imam yang diterima tidak merubah kondisi hidupnya melainkan pengabdian dan pelayanannya terhadap Tuhan membuat Taolin lebih percaya diri tanpa ada tekanan.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam sambutannya, menyampaikan rasa bangga dan syukur tak terhingga karena pemerintah sebagai mitra pelayanan diundang untuk menjadi bagian dalam sukacita ini, dan ia bersyukur bisa mengikuti misa ini dari awal.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini merasakan gejolak sukacita yang luar biasa karena bisa merasakan kebanggaan kedua orang tua dari Sang Imam.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat memberikan sambutan pada misa syukur pentahbisan Romo Hironimus Taolin di Gereja Santa Maria Bunda Orang Miskin Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Kamis (20/1/2022)

Menurutnya, cinta kasih kedua orang tua jugalah yang mengantarkan Romo Hironimus ditahbiskan menjadi seorang Imam.

Ia menambahkan rasa bangga dan bahagia juga karena Romo Hironimus adalah salah satu putera terbaik Kabupaten Kupang.

Wabup Manafe yakin, karena doa dan tekad yang kuat serta dukungan dari keluarga, dan semua pihak, Romo Heronimus mampu mengambil keputusan luar biasa untuk mengikut Tuhan dengan sepenuh hati, menjadi berkat bagi keluarga dan banyak orang.

Menanggapi apa yang dikisahkan Romo Hironimus tentang liku-liku perjalanannya menjadi seorang Imam,

Wabup Jerry menyampaikan sebuah Ayat Firman Tuhan dari Amsal 16:9 yang berbunyi hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.

“Ayat ini merupakan sebuah keyakinan bagi semua orang yang percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita sebagai manusia diatur oleh Tuhan dengan cara-Nya yang luar biasa, termasuk cara Tuhan menuntun Romo Hironimus menjadi seorang Imam,” tandas Wabup Manafe.

Akhir kata, atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang, ia menyampaikan apresiasi dan proficiat kepada Romo Heronimus atas pentahbisannya sebagai Imam Baru .

Ia juga menyampaikan selamat kepada keluarga serta Pastor Paroki Sta. Maria Bunda Orang Miskin dan seluruh umat paroki yang berbahagia, yang juga telah mempersembahkan yang terbaik dalam sukacita hari ini.

Turut hadir, Pastor Paroki St. Maria Bunda Orang Miskin Noelmina, Pater Yohanes Puri Ujan,SVD, para Pastor dan Suster, KMK Fatuleu Timur beserta para Pendeta, Anggota DPRD Kabupaten Kupang, Habel Mbate, Camat Takari, Kades Noelmina, Kapolsek Takari, Ketua Panitia , Andreas Sanda Lie beserta seluruh undangan.(Prokopim Setda Kab.Kpg/red)