RUTENG, NTT PEMBARUAN.com–Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, Matilda Isa mengatakan siap bekerja dalam memajukan lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese ke arah yang semakin baik dan lebih maju.

Ungkapan kesiapan itu disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, Matilda Isa, S. Pd saat serah terima jabatan kepala sekolah sekaligus Natal dan Tahun Baru bersama keluarga besar sekolah itu, Sabtu (15/1/2022).

Acara serah terima jabatan sekaligus Nataru itu disatukan dengan acara perpisahan dengan salah satu guru Matematika SMA Negeri 1 Satarmese, Rofinus Renta, S.Pd, yang ditunjuk menjadi Kepala SMA Negeri 4 Satarmese.

“Saya menyadari bahwa saya belum memiliki bekal yang cukup, namun saya siap untuk bekerja dengan sepenuh hati dalam memajukan lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese ke arah yang semakin baik dan maju”, janji Matil saat memberikan sambutan dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman SMA Negeri 1 Satarmese, Sabtu (15/1/2021).

Untuk dapat mewujudkan kemajuan lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese, kata Matil ada beberapa langkah yang akan dilakukan menuju sebuah perubahan nyata yakni program pendidikan yang strategis secara terintegrasi dan komprehensif.

“Langkah pasti untuk sebuah perubahan saya membuat dan melaksanakan program pendidikan yang strategis secara terintegrasi dan komprehensif,” erang beliau.

Dirinya yakin, kualitas lembaga pendidikan yang baik akan membentuk sumber daya manusia yang baik pula.

Untuk itu, ia akan melakukan eksplorasi terhadap potensi dirinya sebagai pemimpin dan juga potensi lain yang ada di lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese untuk dipadukan menjadi sebuah manajemen yang terbaik.

“Saya yakin bahwa kualitas lembaga pendidikan yang baik tentunya akan membentuk sumber daya manusia yang baik pula. Untuk itu, saya akan melakukan eksplorasi terhadap potensi yang ada dalam diri saya dan juga potensi-potensi lainnya yang ada di lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese, untuk selanjutnya saya padukan menjadi sebuah manajemen yang terbaik menuju tercapainya sebuah perubahan”, tegas Guru Ekonomi di SMA Negeri1 Satarmese itu.

Ia mengajak kepada semua stakeholder di 8 SMA Negeri 1 Satarmese itu untuk bergandengan tangan dan berkolaborasi yang baik dalam mewujudkan lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese yang lebih baik dan sukses.

“Saya tidak sendiri, saya butuh kontribusi dari kita semua yang ada dalam kebersamaan ini. Mari kita sama-sama membangun SMA Negeri 1 Satarmese ini ke arah yang lebih baik dan sukses”, ajaknya.

Pada kesempatan itu, Matil juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala sekolah sebelumnya, Largus Empos, S.Pd yang telah melakukan banyak hal selama masa jabatannya sejak 2012 — 2021. Beliau juga tidak menampik bahwa keberhasilan SMA Negeri 1 Satarmese selama ini tidak terlepas dari kerja keras dan kontribusi dari Rofinus Renta, S. Pd yang saat ini ditunjuk menjadi Kepala SMA Negeri 4 Satarmese.

“Saya menyadari bahwa keberhasilan dan kemajuan lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese tidak terlepas dari kontribusi dan kerja keras dari Bapak Largus Empos dan Bapak Rofinus Renta. Untuk itu izinkan saya mewakili lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang telah memberikan yang terbaik demi kemajuan SMA Negeri 1 Satarmese,” tutupnya.

Kegiatan Nataru bersama tersebut dihadiri Koordinator Pengawas Pendidikan Menengah Kabupaten Manggarai (Korwas Dikmen), Pengawas Pembina, Kordikacam Satarmese Barat, Ketua PGRI Kecamatan Satarmese Barat, Danramil Kecamatan Iteng, Babhinkamtibmas, para Kepala Desa se-Kecamatan Satarmese Barat, para Kepala TK, SD, SMP se-Kecamatan Satarmese Barat, tokoh adat, dan tokoh pemuda yang ada di Narang.

Kegiatan tersebut diawali dengan perayaan ekaristi kudus dilanjutkan dengan seremonial serah terima jabatan secara kelembagaan serta penyerahan SK Kepala Sekolah baru di lembaga pendidikan sekolah menengah tertua di wilayah Satarmese raya tersebut.(fon)