LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com -Rabu, 12 Januari 2022, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat bersama masyarakat secara gotong memperbaiki jalan berlubang di Kota Labuan Bajo.

Gerakan gotong royong itu dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Manggarai Barat, IPTU Royke Weridity dalam rangka mencegah Lakalantas di daerah itu.
Menurut dia, jalan rusak juga menjadi salah satu faktor rawannya terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) disamping faktor kelalaian manusia (human error) dan faktor kendaraan.

Di Kabupaten Manggarai Barat, khususnya Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo banyak ditemui ruas badan jalan dalam kondisi rusak dan berlubang, baik itu jalan lintas nasional maupun kabupaten. 

Akibatnya, banyak terjadi genangan air yang membahayakan para pengendara roda dua dan roda empat.

Salah satunya ialah rusaknya sejumlah ruas jalan yang ada di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, tepatnya di depan Alfamart Patung Caci membuat pihak Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Barat turun langsung bersama warga memperbaiki jalan tersebut.

Sedikitnya, 2 truk bermuatan batu kerikil dikerahkan oleh para personil yang dikomandoi Kasat Lantas Polres Mabar IPTU Royke Weridity ini untuk menambal lubang yang membahayakan para pengendara itu.

Dengan peralatan seadanya, puluhan personil Kepolisian dari Satlantas Polres Manggarai Barat ini bergotong royong bersama sejumlah warga memperbaiki jalan yang rusak.

Kepedulian memperbaiki jalan yang rusak ini dengan cara menambah batu kerikil dan campuran tanah, sehingga pengguna jalan menjadi nyaman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

“Semoga kegiatan memperbaiki jalan yang rusak di depan Alfamart Patung Caci menjadi motivasi dan berguna bagi pengguna jalan. Ini menjadi perhatian bagi kita semua agar mengurangi Lakalantas,” kata Kasat Lantas Polres Mabar, IPTU Royke Weridity, Rabu (12/01/2022).
Dijelaskannya, disamping menghindari korban Lakalantas, pihak Kepolisian ingin memberikan rasa aman dan nyaman untuk pengguna jalan raya, sehingga para pengguna jalan tak merasa was–was saat melewatinya.

“Kita mengimbau agar pengendara selalu berhati–hati saat melintasi jalan di depan Alfamart Patung Caci maupun beberapa ruas jalan di Kota Labuan Bajo,” pesan Royke.

Kedepan, kata Kasat Lantas, pihaknya juga akan melakukan hal serupa pada ruas jalan yang rusak lainnya.

“Mungkin kedepannya, kita akan melakukan survei jalur, dimana titik jalan yang berlubang, dan melakukan penanggulangan dini sebelum adanya perbaikan,” tandasnya.

Perbaikan jalan ini, lanjut dia, salah satu upaya untuk mencegah Lakalantas, dan hal ini merupakan bagian dari tugas pokok Polri untuk melindungi masyarakat.
“Dengan kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti Polri berusaha untuk melindungi masyarakat,” tandasnya.
Ia menambahkan, gotong royong memperbaiki jalan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat.
Hal ini, bertujuan agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan akibat jalan rusak, pungkas Mantan Kapolsek Komodo itu.(fon)