LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui UPT KPH Manggarai Barat siap mengoperasikan pusat pembibitan di Kawasan Satar Kodi Nggorang Labuan Bajo pada pertengahan 2022 ini.

“Saat ini sedang ada pembangunan sarana prasarana untuk mendukung pusat pembibitan. Kita targetkan secepatnya selesai sehingga pada Juni atau Juli nanti mulai dilakukan pembudidayaan,” ungkap Kepala UPT KPH Manggarai Barat, Stefanus Nali kepada wartawan di Labuan Bajo, Senin (10/1/2022).

Ia mengatakan, sesuai target, akan ada lima juta bibit tanaman budidaya di Kawasan Satar Kodi Nggorang dengan total area seluas 30 hektar.

“Ini adalah program lanjutan dari pemerintah pusat dalam rangka mendukung ketersediaan sayur dan buah. Selain itu ada berbagai jenis tanaman lain yang tentu tujuannya untuk mendukung kebutuhan masyarakat dan wisatawan di Kota Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo”, kata Stefanus.

Jika sudah dipanen, nantinya akan sangat mendukung Labuan Bajo sebagai lokasi wisata super prioritas.

Menurut Stefanus , kedepannya, pemerintah akan terus berfokus pada budidaya buah-buahan dan sayuran.
Hal ini diperlukan agar warga maupun wisatawan yang ada di wilayah itu tidak lagi berharap dari sayur dan buah yang dipasok dari luar daerah, seperti NTB, Bali dan Jawa termasuk daerah lain di Indonesia.

Karena memang selain sangat mahal biaya pengirimannya, dan kesegaran buahnya tidak terjamin.

“Beda kalau langsung dari lokasi budidaya kita sendiri,” beber Stefanus.

Terkait kebutuhan tenaga kerja dalam waktu dekat, lebih diperlukan untuk pengisian tanah ke polybag untuk penanaman bibit tersebut.

“Kami prioritas tenaga kerja lokal atau warga sekitar area budidaya. Tetapi untuk sekarang kami sedang fokus selesaikan sarana prasarana terlebih dahulu”, pungkasnya. (fon)