KUPANG, NTT PEMBARUAN.com–Besok, Selasa (11/1/2022) Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Benain Noelmina kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melakukan penanaman 15.000 anakan di Desa Saenam dan Desa Tasi Nifu, Kecamatan Miomafo Barat.

Semua anakan sudah berada di lokasi dan siap ditanam, kata Kepala BPDASHL Benain Noelmina, Bambang Hendro melalui Kasi Evaluasi DAS dan Hutan Lindung, Dolfus Tuames kepada wartawan di Kupang, Senin (10/1/2022).

Jenis anakan yang akan ditanam itu antara lain, beringin, mahoni, trombosi, flaboyan dan lain-lain.

Semuanya diambil dari Persemaian Permanen Fatukoa, Kota Kupang milik BPDASHL Benain Noelmina yang diangkut dengan kendaraan milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten TTU sejak akhir Desember 2021 lalu.

Penanaman yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab TTU hingga ASN Kecamatan Miomafo Barat itu akan dipimpin langsung Bupati TTU sendiri.

Menurut informasi yang diperolehnya, kegiatan itu juga akan dihadiri Yang Mulia Uskup Atambua, Mgr.Domi Saku, Pr, TNI dan Polri di wilayah itu.

Kata Dolfus, penanamannya terpusat di 2 desa, yakni Desa Saenam yang masuk dalam DAS Benain dan Desa Tasi Nifu yang masuk dalam DAS Noelmina.

Untuk DAS Benain luasnya kurang lebih 335.000 hektar meliputi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), 120.000 hektar, TTU, 140.000 hektar, Belu 15.000 hektar dan Malaka 60.000 hektar.

Kegiatan penanaman ini, lanjut Dolfus, hasil komunikasi yang intens antara BPDASHL Benain Noelmina dengan Bupati TTU dan pimpinan OPD Lingkup Pemkab TTU sebelumnya.(red)