KUPANG, PEMBARUAN.com– Sebanyak 100 ekor sapi wagyu asal Jepang siap diturunkan ke Instalasi Kabaru, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam waktu dekat ini.

100 ekor sapi wagyu itu sekarang sudah berada di Australia dan dalam waktu dekat akan diterbangkan ke Surabaya untuk dikarantina sementara sebelum dikirimkan ke Instalasi Kabaru, Sumba Timur.

“Kita harapkan, awal Februari tahun ini sudah tiba di Instalasi Kabaru, Sumba Timur,” kata Kepala UPT Pembibitan Ternak dan Produksi Pakan Ternak Dinas Peternakan Provinsi NTT, Irwan I. Arkiang kepada media ini di Kupang, Senin (10/1/2022).

Sapi wagyu yang di datangkan itu akan dibudidayakan oleh PT.Asian Beef kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sapi yang dibudidayakan itu nanti untuk menghasilkan daging premium ke depan.
Sapi ini, lanjut dia, merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Tahun 2021 lalu.
Harusnya, menurut Irwan, 100 ekor sapi itu sudah tiba di Sumba Timur akhir Desember 2021 lalu, namun karena penerbangan dari Australia — Surabaya belum ada sehingga tertunda hingga Februari 2022 mendatang.

“Ini sapi untuk bibit yang nantinya dikelola oleh PT. Asian Beef kerjasama Pemprov NTT dengan pola bagi hasil. Nanti, setelah berkembang baru kita manfaatkan untuk kebutuhan daging premium,” tandas Irwan.

Draf kerjasamanya, sudah ia kirimkan ke PT.Asian Beef untuk dipelajari.
Menurut rencana, pakannya akan didatangkan dari Brazil dan dibudidaya di atas lahan seluas 520 hektar yang di dalamnya dilengkapi sejumlah sumber mata air. (red)