KONSEP ruangan serta pelayanan yang berbeda menjadi kunci utama jasa pangkas rambut Barbers99 yang beralamat di Marombok, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pengelolanya orang muda yang sangat memperhatikan kenyamanan para konsumen.

Siapa pun pasti ingin punya penampilan yang rapi dan keren, termasuk para pria.
Salah satu caranya adalah rajin merapikan rambut dengan memotongnya di tempat cukur rambut khusus pria.

Bagi anda yang berdomisili di sekitaran Kota Labuan Bajo sesekali mampir di Barbers99.

Dari pusat Kota Labuan Bajo jarak tempuh sekitar 10 menit, apalagi di pinggir Jalan Trans flores Labuan Bajo-Ruteng, sangat muda bagi anda untuk mampir.

Hamid, pemilik Barbers99 menceritakan bahwa usahanya dirintis karena melihat potensi yang ada.

Menurutnya, keberadaan masyarakat untuk mencukur rambut di sekitar itu cukup tinggi, sedangkan tempat untuk pangkas rambut hanya ada satu.
Dari situ, ia berpikir untuk memulai usahanya.

Yang pertama melihat potensi pangsa pasar, menurut dia, kebutuhan orang untuk cukur rambut cukup tinggi. Sedangkan, tempat untuk pangkas rambut di seputaran wilayah RSUD Pratama Komodo tempatnya cuman satu, bahkan yang punya tempat cukur ini juga bukan putra asli daerah tapi orang dari luar.

“Saya merenung, orang luar saja bisa melihat potensi dan peluang yang ada di daerah kita. Sementara, kita anak-anak muda yang ada di sekitar sini punya potensi, kualitas dan kapasitas skil yang dimiliki,” kata Hamid kepada media ini di Marombok, Labuan Bajo, Sabtu ( 8/1/2022).
Sebagai generasi muda, kata dia, tidak boleh berdiam diri harus bisa mengeksplor kemampuannya di bidang usaha dalam bentuk apapun yang mau dikembangkan.

“Prinsipnya, sebagai generasi muda tidak boleh berdiam diri, dan hanya menonton orang mengesplor kemapuannya di bidang usaha yang mereka ingin kembangkan. Pemuda itu harus menjemput bola terutama konsep membangun bisnis itu membaca peluang dan pangsa pasar yang ada di sekitarnya,” kata Hamid.

Tempat cukur rambut dengan konsep angkringan serta perpustakaan apalagi ditambahkan dengan wifi gratis menjadikanya berbeda.

Dirinya mengatakan, selain memberikan jasa pelayanan mencukur rambut juga memberikan konsep transfer keilmuan dengan keberadaan perpustakaan di dalamnya dengan menyediakan ratusan buku bacaan.

“Barber dengan konsep angkringan serta perpustakaan. Jadi, kenapa saya membuat konsep seperti ini, saya pikir selain kita memberikan jasa pelayanan mencukur rambut Barbers99 juga memberikan konsep transfer keilmuan dengan keberadaan perpustakaan di dalamnya dengan adanya ratusan buku bacaan untuk pelanggan,” urainya.

Konsep ini sebenarnya, lanjut dia, melihat kebiasaan peribadi ketika mencukur di tempat lain.

“Sebelum barber ini ada, biasanya selalu antre, dan pada saat antre itu kita merasa jenuh, sehingga dengan konsep adanya perpustakaan ini kejenuhan seperti itu bisa kita meminimalisir. Orang bisa menunggu sambil membaca buku. Selain itu di Barber99 memfasilitas juga dengan angkringannya dilengkapi wiifi gratis bagi para pelanggan,” ujarnya.

Kata Hamid, tidak usah kwatir soal tarifnya karena harganya terjangkau.

Dengan harga terjangkau apalagi fasilitas yang cukup memadai Barbers99 juga menyediakan beberapa aneka minuman.
Tarif untuk dewasa Rp 20.000, anak-anak Rp 15.000 dan cukur botak 15.000.

Di tempat itu juga menyiapkan minuman dengan harga terjangkau seperti coffe drink, tea drink, dan milk drink masing–masing seharga Rp 5000/gelas.

Bagi pelanggan yang datang akan dikasi diskon yakni dalam 5 kali mencukur satu kalinya gratis dan syaratnya cukup menunjukkan 5 kupon bahwa yang bersangkutan sudah 5 kali datang mencukur di tempat itu.

Bagi dia, usaha apa saja di Kota Super Premium Labuan Bajo sangat menjanjikan.
Ia berharap, Barbers99 menjadi solusi terbaik dalam mengubah penampilan rambut.

“Pekerjanya satu orang anak muda yang sudah profesional dalam bidang mencukur sesuai keinginan anda. Kami juga tetap mengedapankan pelayanan yang ramah dan nyaman bagi pelanggan karena pada perinsipnya pelanggan adalah raja memegang mahkota. Kami mengajak kepada konsumen, baik yang berada di sekitar Desa Golo Bilas maupun dari luar agar bisa mampir untuk mencukur rambut di sini sesuai slera anda masing–masing,”” ajak Hamid.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi akun media sosial, facebook (Barber’s99). (fon)