LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M memberi bantuan kepada Juaren Praditio Kisman (4) korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas) yang berdomisili di Dusun Lamtoro, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (4/1/2022).

Saat ke tempat tinggal korban, Wakapolres Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M didampingi Briptu Maria Faustina Pipa, dan Ajudannya

Bantuan yang diberikan berupa Sembako dan satu buah handphone android.
Awalnya, kisah Kompol Eliana Papote, dirinya baru saja tiba di Labuan Bajo setelah mengikuti kegiatan di Polda NTT.

Dalam perjalanan dari Bandara Internasional Komodo tiba-tiba ada kecelakaan lalu lintas, tepatnya di Jalan Yohanes Sahadoen-Labuan Bajo.

” Kemarin itu, saya baru landing (mendarat,red) di Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo setelah mengikuti kegiatan di Polda NTT.
Saat melewati Jalan Yohanes Sahadoen Labuan Bajo, ada kecelakaan di depan kami. Saya pikir ini ada apa, kemudian ajudan saya turun, katanya ibu ada kecelakaan. Kami turun melihat kondisinya, dan saat itu mau dibawa ke Rumah Sakit dengan menggunakan motor.
Saya melihat mama kandung korban masih histeris di jalan. Sebagai sesama ibu dan sesama perempuan, saya merangkul mamanya lalu kami ke Puskesmas Labuan Bajo untuk mendapat perawatan medis,” ceritanya.

Sebagai perempuan dan juga sebagai seorang ibu, ia merasa terpukul dengan kondisi anak tersebut.

Di hadapan kedua orangtua korban, Kompol Eliana Papote mengatakan turut prihatin dengan kondisi yang menimpa bocah 4 tahun tersebut.

Terdorong oleh jiwa keibuannya, ia memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian darinya secara peribadi terhadap kondisi yang dialami korban.

“Saya memberikan bantuan sedikit dari rejeki yang saya peroleh di awal tahun ini. Semoga cepat sembuh, bisa kembali lagi seperti sedia kala,” doa Ibu Wakapolres Mabar.

Menurut dokter, kata dia, korban lebih banyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

Karena itu, ia memberikan telur, susu dan sebagainya untuk mempercepat kesembuhan korban dari luka-luka akibat kecelakaan tersebut.

Kepada masyarakat Manggarai Barat khususnya di Kota Labuan Bajo, dirinya berpesan kalau ada kejadian, baik itu Lakalantas maupun tindak pidana kriminal lainnya, jangan takut untuk menjadi saksi apabila ditanya oleh petugas karena saksi itu sudah dilindungi oleh undang-undang.

Ia contohkan, kejadian yang menimpa bocah 4 tahun ini, saat itu banyak saksi di TKP, tetapi ketika ditanya oleh petugas kepolisiaan semuanya menghindar karena takut menjadi saksi.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar ke depannya jangan seperti itu.

“Sekarang, boleh diri kita merasa aman, kalau ke depannya kita yang menjadi korban kecelakaan tentu membutuhkan orang yang membantunya. Saya himbau, kedepannya jangan seperti itu, karena kita tidak tahu sekarang kita aman, ke depannya apabila kita menjadi korban, baik korban kecelakaan maupun korban tindak pidana dan lain-lainya, ketika dibutuhkan ada kesaksian dari orang lain yang menimpa saudara-saudara,” Wakapolres Mabar dengan nada mengingatkan.

Seperti disaksikan wartawan media ini di kediaman korban, Selasa (4/1/2022) orangtua korban tidak bisa membendung air matanya saat kedatangan Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote yang memberikan bantuan sejumlah bahan pokok dan satu buah handphone kepada korban saat itu.

Bagi mereka, bantuan tersebut dapat mengurangi beban keluarga serta membantu proses penyembuhan dari buah hati mereka.

Apolonia Hartati (32) Ibunda dari Juaren Praditio Kisman (4) menyampaikan terimaksih kepada Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote yang telah mengunjungi keluarganya itu.

Dirinya mengaku, kehadiran Wakapolres tersebut bukan hanya pada saat setelah kejadian Senin( 3/1/2022) akan tetapi hari ini, Selasa( 4/1/2022) wanita dengan seragam lengkap tersebut hadir di hadapan keluarganya dengan membawa sejumlah bantuan bahan pokok dan satu buah handphone android.

“Sungguh luar biasa. Saya tidak bisa bayangkan, karena tidak ada bayangan di benak saya sampai Ibu Wakapolres datang mengunjungi kami saat ini,” tutur ibu korban dengan penuh haru.

Sementara ayah kandung Juaren, Salvianus Kisman (30) mengaku, akibat kejadian itu putranya mengalami luka di bagian kepala. Saat kejadian, dirinya pergi belanja di kios yang berada di seberang jalan yang tidak jauh dari tempat ia tinggal.
Ia baru tahu, kalau anaknya ditabrak oleh kendaraan roda dua hingga mengalami luka parah di bagian kepala.

Kejadiannya, menurut dia, sekitar pukul 13.00 Wita, saat dirinya ke kios untuk membeli es buat anaknya.

” Waktu tabraknya saya tidak lihat. Sebelumnya, saya sudah bilang ke anak saya tidak boleh ikut saya menyeberang jalan untuk belanja. Ternyata dia tetap ikut dari belakang. Kondisinya sudah membaik. Dia mulai bermain,” kata pria asal Desa Suka Kiong, Kecamatan Kuwus itu kepada media ini, Selasa (4/1/2022).

Ia menyampaikan terimakasih kepada Wakapolres Manggarai Barat Kompol Eliana Papote yang telah berniat tulus untuk membantu keluarganya yang mengalami musibah saat itu.

“Saya tidak bisa bayangkan kebaikan ibu ini, semoga Tuhan yang bisa membalas kebaikannya,” tutupnya. (fon)