LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mengutuk keras aksi brutal bakar bendera Partai Demokrat yang terjadi di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (4/1/2022).

Hal ini disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat, Rikardus Jani kepada media ini di Labuan Bajo, Selasa (4/1/2022).

Rikar mengatakan, aksi masa membakar bendera Partai Demokrat adalah bentuk tindakan anarkis.

Oleh karena itu, DPC Partai Demokrat Mabar mengutuk keras aksi brutal tersebut.

“Aksi bakar bendera ini benar-benar tindakan anarkis. Oleh karena itu kami mengutuk keras aksi tersebut.” tegas Ketua DPC Demokrat Mabar yang juga anggota DPRD Mabar itu.

Ia menilai, aksi masa yang mengatasnamakan diri sebagai simpatisan Partai Demokrat tersebut bentuk dari sikap tidak loyal terhadap partai. Atas dasar hal tersebut, pihaknya mendesak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat agar memecat kader yang terlibat dalam aksi masa tersebut.

“Ini merupakan sikap tidak loyal kepada partai. Oleh sebap itu, kami minta DPP agar pecat kader yang terlibat dalam aksi brutal ini,” kata pria yang akrab disapa Rikar itu.

Rikar juga mengatakan sikapnya terhadap keputusan DPP terkait penetapan Leonardus Lelo sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia mengatakan bahwa DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat loyal terhadap keputusan DPP yang dalam hal ini menetapkan Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD, serta siap mendukung program-program yang membangun Partai Demokrat.

“Kami dukung keputusan DPP menetapkan Bapak Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD. Kami siap kerja sama dalam membangun Partai Demokrat dan memenangkan Pemilu Tahun 2024, baik memenangkan Ketum AHY dalam Pilpres maupun memenangkan Pileg dan Pilkada,”ujarnya.

Sebelumnya, sekelompok simpatisan pendukung Jefri Riwu Kore melakukan aksi pembakaran bendera Partai Demokrat di Sekretariat DPD Partai Demokrat NTT, Selasa (4/1/2022).

Mereka menolak penunjukkan Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat NTT Periode 2022 –2026. (fon/red)