RUTENG, NTT PEMBARUAN.com — Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, Matilda Isa, S. Pd berjanji, siap melanjutkan visi–misi yang sudah diprogramkan oleh sekolah.

Janji itu diungkapkan Matilda saat serah terima jabatan di Aula SMA Negeri 1 Langke Rembong, Kamis (30/12/2021).
Sebagai kepala sekolah baru, dia berkomitmen untuk melanjutkan visi — misi dan program kerja kepala sekolah yang belum tuntas.

Program kerja yang menjadi prioritas dalam menjalankan roda kepemimpinannya ke depan adalah tetap berkiblat pada visi dan misi SMA Negeri 1 Satarmese saat ini.

Adapun prioritas program kerja yang ingin diwujudkan yakni peningkatan kapasitas guru dan pegawai yang patut menjadi contoh dan patut diguguh oleh peserta didik di lembaga pendidikan menengah atas tertua di wilayah Satamese Raya tersebut.

“Sebagai kepala sekolah yang dilantik di pertengahan tahun pelajaran, saya tentunya berkomitmen untuk menjalankan visi — misi dan program kerja kepala sekolah sebelumnya. Namun, satu hal yang menjadi catatan saya dan menjadi prioritas program saya ke depan terkait dengan visi dan misi sekolah adalah peningkatan kapasitas guru dan pegawai agar mereka benar–benar menjadi contoh atau role model bagi peserta didik. Guru dan pegawai harus benar–benar memberikan teladan dan patut ditiru”, ucapnya.

Apa yang menjadi program prioritasnya seiring dengan kebijakan pendidikan nasional saat ini yakni terwujudnya profil Pelajar Pancasila yang memiliki nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif.

“Prioritas yang saya sampaikan sejalan dengan visi sekolah kami selama ini. Prioritas tersebut juga tentunya sesuai dengan arah dan kebijakan pendidikan nasional saat ini yakni terwujudnya profil Pelajar Pancasila yang memiliki 6 nilai dasar yang terkandung di dalamnya yaitu keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif,” papar Matilda.

Alumnus Universitas Flores tersebut menambahkan, untuk dapat mewujudkan nilai-nilai tersebut, guru dan pegawai SMA Negeri 1 Satarmese yang berlokasi di Kecamatan Satarmese Barat tersebut, harus mampu menerjemahkan nilai-nilai dimaksud melalui tugas dan tanggung jawab yang telah diembankan.

Guru dan pegawai harus, lanjut dia, harus mampu menjadi contoh, sehingga murid bisa menirunya.

Lebih lanjut, ia mengatakan guru dan pegawai lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese mestinya mampu menerapkan nilai-nilai profil Pelajar Pancasila dengan cara menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dengan baik.

“Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab itu, guru dan pegawai harus bisa memberikan contoh yang baik sehingga peserta didik mencontohinya. Guru dan pegawai harus mampu menjadi panutan sehingga peserta didik mampu mengamalkan/menganut apa yang baik dari guru dan pegawai lewat tutur kata, perilaku dan perbuatan”, tutupnya.

Guru ekonomi di lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese itu, dilantik menjadi kepala sekolah menggantikan kepala sekolah sebelumnya, Largus Empos, S. Pd yang sudah menjabat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 1 Satarmese sejak 28 Februari 2012.

Kepala sekolah keempat lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese itu, dilantik setelah lolos dalam seleksi calon kepala sekolah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur akhir tahun 2020.

Bersama dengan delapan kepala sekolah baru yang dilantik 17 Desember 2021 lalu, Matil mengikuti acara serah terima jabatan Kepala SLBN / SMAN / SMKN se-Kabupaten Manggarai yang saksikan oleh perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan Menengah Kabupaten Manggarai, Fransiskus Borgias Hormat, S. Pd.

Adapun delapan sekolah lain yang ikut dalam acara serah terima jabatan kepala sekolah dimaksud antara lain Kepala SLB Negeri Tenda Ruteng, Kepala SMKN 1 Wae Ri’i, Kepala SMAN 1 Reok, Kepala SMAN 2 Rahong Utara, Kepala SMAN 3 Ruteng, Kepala SMAN 2 Satarmese-Langke Majok, Kepala SMAN 3 Satarmese dan Kepala SMAN 1 Satarmese.(fon)