KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Baru pertama kali, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih Juara III Penyelenggaraan Jalan Tingkat Nasional dengan hadiah berupa alat berat dua unit Excavator senilai lebih kurang Rp 3 miliar. Sedangkan,  Juara I Provinsi Sulawesi Utara dengan hadiah sebesar Rp 10 miliar dan  Juara II Provinsi Banten dengan hadiah Rp 6 miliar.

“ Ini adalah pertama kali dalam sejarah NTT mendapatkan penghargaan juara III Tingkat Nasional, khususnya dalam penyelenggaraan jalan. Kita bersyukur, karena Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR menilai Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur di bawah nahkoda Bapak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bapak Wakil Gubernur NTT, Josef A.Nae Soi serius dalam penanganan jalan di NTT. Dalam 3 tahun kepemimpinan mereka  sangat signifikan kinerja penyelanggaraan jalan di Provinsi NTT,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi  NTT, Ir. Maksi Nenabu, MT kepada wartawan di Kupang, Rabu (22/12/2021).

Hadiah berupa 2 unit excavator itu sudah diserahkan secara simbolis oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui  Kepala Dinas PUPR Provinsi NTT, Ir. Maksi Nenabu, MT pada peringatan Hari Jalan Nasional di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Prestasi yang diperoleh itu, kata Nenabu,  atas penilaian yang dilakukan secara obyektif oleh  Tim Kementerian PUPR yang sudah datang dan turun sendiri ke lapangan  untuk melihat kondisi ril pembangunan jalan di kabupaten/kota di NTT pada bulan November 2021 lalu.

“Mereka menilai kinerja Pemerintah Provinsi  NTT di Bidang Kebinamargaan dalam Penyelenggaraan Jalan Dalam Rangka Hari Jalan Tahun  2021. Hasil penilaian mereka, kita dinyatakan Juara III Tingkat Nasional,”pungkasnya.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, yang telah memperhatikan kerja-kerja keras kita di bidang infrastruk jalan di Provinsi NTT ini.  Kami juga berterima kasih kepada Bapak Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bapak Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi yang dari awal kepemimpinan mereka serius untuk mengurus jalan di NTT. Itu menjadi poin penting dalam rangka mendukung sektor pariwisata sebagai prime mover. Mereka benar-benar seluruh kemampuannya diarahkan untuk menyelesaikan jalan terlebih dahulu, dan Pempus telah memberikan apresiasi lewat penghargaan Juara III Penyelenggaraan Jalan Tingkat Nasional tahun ini,” tutupnya. (red)