LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Senin, 29 November 2021 Perusahaan Umum Daerah Bidadari Kabupaten Manggarai Barat dan Blibli.com menandatangani Nota Kesepakatan atau MoU (Memorandum of Understanding) Tentang Pemberdayaan dan Pemasaran Online Produk UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Ruang lingkup dari kesepakatan ini meliputi pemasaran produk Ekraf dan usaha kecil dan menengah Kabupaten Manggarai Barat secara online serta melakukan pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo.

Bertempat di Kantor Blibli.com, penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Geoffrey Lew Dermawan , selaku Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga dan Sutanto Werry,S.T, M.Tech selaku Direktur Perumda Bidadari Kabupaten Manggarai Barat.

Hadir menyaksikan penandatanganan MoU ini antara lain, Andreas Pramaditya ( Vice President of Galeri Indonesia UMKM ), Direktur Perusahaan Umum Bidadari Kabupaten Manggarai Barat, Sutanto Werry, S.T.M mengatakan, kesepakatan ini sesuai dengan Visi Misi Bupati Manggarai Barat yaitu Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Lokal.

Arahan Bupati Manggarai Barat kepada Perumda Bidadari adalah untuk meningkatkan serta memaksimalkan pemasaran produk Ekraf dan UMKM secara offline/online secara nasional bahkan intenasional.

Sementara itu, Geoffrey Lew Dermawan selaku Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga mengatakan, MoU bersama Perumda Bidadari dan Blibli merupakan langkah strategi untuk mendorong dan membantu para pelaku UMKM di Labuan Bajo agar dapat terjadinya percepatan penetrasi dan pengetahuan konsumen atas produk – produk asli Labuan Bajo. Diharapkan kerjasama antara Blibli dan Perumda Bidadari, dapat terus berkolaborasi, meningkatkan daya saing, edukasi, dan interest baik dari pelaku usaha maupun konsumen.

Semoga kolaborasi ini tidak terhenti hanya dari sisi produk, tetapi juga dari sisi pelayanan, ekosistem, dan multi industri.Andreas Pramaditya selaku Vice President of Galeri Indonesia Blibli.com mengatakan bahwa kerjasama keduanya dalam upaya untuk terus melakukan pembinaan dan mengangkat hasil – hasil produksi UMKM dari Labuan Bajo secara khusus dan NTT secara umum, dimana nantinya program kerjasama ini akan meliputi baik dari sisi travel maupun penjualan produk secara online melalui situs Blibli, yang akan di masukan ke dalam Galeri Indonesia Blibli.

Blibli berkomitmen penuh dalam mendukung dan memajukan upaya ini, segala hal yang merupakan bentuk dukungan teknologi juga akan menyertai, sehingga nanti para wisatawan bisa membeli produk – produk khas dari Manggarai Barat dengan system click and collect yang bisa diantar ke hotel dimana mereka menginap, atau diambil di airport saat kepulangan. Besar harapan kedua belah pihak kerjasama yang baik ini akan memajukan industri UMKM dan pariwisata di Labuan Bajo.

Masih banyak lagi hal baik yang akan dikerjasamakan di kemudian hari.Secara terpisah, Bupati Manggarai Barat, Edi Endi mengatakan, kerjasama ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan produk-produk hasil karya masyarakat lokal kepada para wisatawan.

Lewat digital marketing, produk-produk UMKM di Manggarai Barat akan semakin mudah diakses dan bahkan bisa langsung dibeli. Langkah ini adalah salah satu langkah strategis pemerintah dalam rangka meningkakan daya saing ekonomi daerah berbasis ekonomi lokal lewat Perusahaan Umum Daerah. (fon/*)