SETELAH vakum selama 15 tahun, Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang kembali eksis, setelah dilakukan pengukuhan kepengurusan barunya, Sabtu (27/11/2021).

Perekrutan anggota sekaligus pengukuhan kepengurusan baru periode 2020/2021 berlangsung di Panti Asuhan Nok Manekan Fatukoa Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatan tersebut mengusung tema
“Menyiapkan dan Membentuk Tata Kader dengan Berkepribadian Integritas, Visioner, Produktif dan Responsif dengan Tekad Semangat Nekaf Mese Ma Ansaof Mese di Era Milenial”

Ketua Panitia, Deodatus Mano mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada seluruh anggota panitia dan semua lapisan terkait yang telah berjuang keras dan bekerja sama dalam menyukseskan penerimaan anggota baru sekaligus pelantikan kepengurusan IMABI periode 2020/2021.

“Selaku Ketua Panitia Pelaksana, saya berterimakasih kepada teman-teman IMABI Kupang yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang 2020/2021.

Semua ini terlaksana berkat dukungan dan kerja sama dari teman-teman serta berbagai pihak, sehingga kegiatan ini telah terlaksana,” ungkap, Deodatus.

Maria Desy Tlaan, salah satu anggota IMABI periode 2020/2021 mengaku senang dan bangga telah mengenal banyak teman lewat organisasi tersebut.

“Menurut saya, organisasi atau perhimpunan ini sangat menyenangkan karena saya pribadi, merasa senang dan bangga bisa bertemu dengan banyak teman. Tidak hanya itu, saya juga merasa telah menemukan keluarga baru serta lingkungan baru,” kesan Maria.

Materi wawasan organisasi yang disajikan para senior, bagi dia, sangat bagus untuk mengasah nalar kalangan muda saat ini.
“Organisasi seperti ini sangatlah luar biasa karena kita diajarkan banyak hal-hal baru yang dapat memperkaya pengetahuan dan menguatkan mental kita sebagai mahasiswa,” tutur Desy.

Sementara Ketua Umum IMABI Kupang, Petrus Ato yang melantik pengurus baru saat itu mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan baru ini maka IMABI Kupang yang sudah 15 tahun tidak aktif, kini aktif kembali.

Karena itu, ia menyampaikan proficiat kepada 19 orang anggota baru yang sudah dilantik.

“Selamat datang di rumah IMABI Kupang dan selamat bergabung,” sapa dia.

Kepada peserta baru, ia ingatkan,
jangan lagi menjadi karakter yang individualistis, egoisme, dan mau hidup sendiri. Tetapi jadilah pribadi yang selalu hidup bersama dalam setiap moment.
Teruslah belajar memperbaiki karakter dan haruslah menjadi pribadi yang berintegritas, visioner dan responsif dan genggamlah tekad semangat Nekaf Mese Ma Ansaof Mese dalam setiap kehidupan.

Ia menyampaikan terima kasih kepada senior alumni IMABI Kupang dan semua komponen yang dengan caranya masing-masing telah memberikan suport dan dukungan kepada IMABI Kupang.

Untuk diketahui, IMABI Kupang salah satu bagian integral dari organisasi lokal kedaerahan yang berasal dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), lebih tepatnya di Swapraja Miomaffo Kefetoran Bikomi.

Organisasi ini bernuansa persaudaraan sebagai tempat bernaung bagi para mahasiswa asal Bikomi yang sementara kuliah di berbagai perguruan tinggi di Kupang.

Ikatan Mahasiswa Bikomi (IMABI) Kupang
terhimpun dari 5 kecamatan yang tersebar di Wilayah Bikomi. Diantaranya Kecamatan Bikomi Tengah, Bikomi Selatan, Bikomi Utara , Bikomi Nilulat dan Kecamatan Kota Kefamenanu.(ake)