LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) St. Thomas Aquinas Benidiktus Papa, menemui Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar untuk membahas berbagai isu strategis dalam membangun Labuan Bajo sebagai kawasan pariwisata super premium.

Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor DPRD Manggarai Barat, Senin (29/11/ 2021).
Pada pertemuan tersebut; Beni, sapaan akrab Ketua PP PMKRI didampingi para kader PMKRI Kota Jajakan Labuan Bajo, Ketua DPC PMKRI Cabang Ruteng serta sejumlah alumni PMKRI diantaranya Ketua Forum Komunikasi Alumni (FORKOMA) PMKRI DPC Kabupaten Manggarai Barat, Dominikus Jehadun, Dr. Bernardus Bintang Barat Daya dan sejumlah alumni PMKRI lainya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pengurus Pusat PMKRI memberikan catatan kritis terkait pembangunan pariwisata super premium.

Ia menegaskan agar pembangunan pariwisata super premium ini tidak mengabaikan masyarakat lokal di Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami menginginkan pembanguan pariwisata super premium ini tidak mengabaikan keberadaan masyarakat lokal.” kata Beni dalam pertemuan tersebut.

Ia juga berharap agar melalui pembangunan pariwisata super premium, masayarakat lokal diberdaya dalam meningkatkan perekonomiannya serta mampu menjaga identitas budaya lokal.

“Kami mengharapkan agar melalui pembangunan pariwisata super premium dapat memberdayakan masyarakat lokal untuk meningkatkan perekonomian serta menjaga identitas budaya yang ada.”ujarnya.

Beni juga berkomitmen bahwa PMKRI siap hadir dan memberikan pikiran yang konstruktif, serta mengkawal semua program pembangunan pariwisata super premium agar tidak mengabaikan masyarakat lokal, baik melalui gerakan PMKRI secara nasional maupun gerakan PMKRI Kota Labuan Bajo.

Menanggapi hal itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan siap mewujudkan apa yang menjadi harapan PMKRI, baik yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi maupun dalam menjaga identitas budaya lokal.

“Tentunya apa yang menjadi perhatian teman-teman PMKRI dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan menjaga identitas budaya, pemerintah daerah dalam program-program daerah juga memperhatikan hal itu,” kata Bupati Edi Endi.

Bupati Edi Endi mengaharapkan agar kader PMKRI berkontribusi dalam membangun Kabupaten Manggarai Barat, baik melalui pikiran maupun aksi nyata.

“Saya berharap kader PMKRI berkontribusi dalam membangun Manggarai Barat, baik melalui pikiran maupun kerja nyata,”ungkapnya.

Kepada kader PMKRI, ia berpesan untuk tetap menjaga idealisme, daya kritis, serta jiwa perjuangannya bagi nusa dan bangsa.

“Pesan saya untuk kader PKMRI, agar tetap menjaga idealisme, tetap kritis, jiwa perjuangannya terus menyala untuk nusa dan bangsa,” pesan Bupati Edistasius Endi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar menyampaikan apresiasi atas kunjungan Pengurus Pusat PMKRI, para kader PMKRI Kota Labuan Bajo, DPC PMKRI Cabang Ruteng, serta kehadiran para alumni PMKRI.

“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus pusat dan para kader PMKRI Kota Labuan Bajo dan DPC PMKRI Ruteng serta para alumni yang selalu setia mendampingi dan membimbing para kader PMKRI.” tutur Mitar.

Mitar berpesan agar semua kader PMKRI selalu mengedepankan intelektualitas dalam bergerak, selalu peka terhadap berbagai situasi dan persoalan soasil masyarakat, juga tetap menjaga integritas dan kredibilitas dalam memperjuangkan kebaikan bersama.

“Pesan saya, kader PMKRI dalam berjuang mengedepankan intelektualitas, peka terhadap situasi dan masalah sosial yang ada, menjaga integritas dan kredibilitas dalam memperjuangkan kebaikan bersama,”tandasnya.( fon)