LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Politeknik eL Bajo Commodus menggelar kegiatan FGD Program Menara Vokasi 2021 yang berlangsung di Puri Sari Beach Hotel Labuan Bajo, Selasa (9/11/2021).

Kegiatan ini melibatkan kemitraan Pentahelix dari pemerintah, dunia usaha dan dunia industri (DUDI), komunitas, media massa dan kalangan akademisi. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Peran Pentahelix Sebagai Akselerator Daerah”.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BAPEDA Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Hani dalam sambutannya menyampaikan, Pemda ikut mendorong dalam upaya-upaya peningkatan SDM dengan menbutuhkan dukungan dari kemitraan Pentahelix ini agar masyarakat Manggarai Barat tidak menjadi tamu di rumahnya sendiri.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Manggarai Barat, Charles mengatakan, akan mendorong pembentukan MoU bersama lembaga vokasi, baik itu SMK yang ada di Manggarai Barat dan sekitarnya maupun Politeknik eLBajo Commodus sendiri, untuk memperkuat serapan tenaga kerja lokal yang ada.

Selain itu perwakilan dari Komunitas Manggarai Barat, Silvester Wanggel yang juga Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, mengatakan bahwa pembangunan pariwisata harus berbasis masyarakat.

Dimana dalam hal ini, masyarakat Manggarai Barat sebagai subjek juga harus mengontrol dan ikut terlibat dalam pembangunan sektor pariwisata.
Narasumber yang dihadirkan dalam FGD ini masing-masing unsur Pentahelix yaitu Perwakilan Pemda Mabar, Yohanes Hani selaku Plt. Kepala BAPEDA, Akademisi diwakili oleh Andy Iwan Iswanto, S.S., M.Pd, DUDI diwakili oleh Luse Adnan, perwakilan dari Komunitas Manggarai Barat, Silvester Wanggel yang juga Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, dan perwakilan dari media massa, Agustinus Umar Hagianto. (fon)