RUTENG, NTT PEMBARUAN.com — Maria I. Kadur (ketua) dan Arilius Sadu (wakil ketua) berhasil terpilih memimpin OSIS SMPN Satap Rangkang Kalo di Benteng Tubi, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai periode 2021 -2022.

Pemilihan yang berlangsung secara demokrasi itu dilaksanakan di sekolah tersebut, Senin (8/11/2021).

Dalam pemilihan itu, Maria dan wakilnya, Arlius yang berada di nomor urut 2 ini berhasil menyingkirkan dua kandidat lainnya, nomor urut 1 pasangan Sarti Diana Asul (calon ketua) dan wakilnya, Imelda G. Limut, dan nomor urut 3, pasangan Elfrosin D. S. Jatang (calon ketua) dan Ratiana Sueng (calon wakil).

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi kepada para siswa/i atau wajib pilih 231 siswa tentang tata cara pencoblosan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam pemilihan yang diikuti 231 siswa/hak pilih itu, nomor urut 2, pasangan Maria I. Kadur (ketua terpilih) dan Arlius Sadu (wakil ketua terpilih) berhasil memperoleh 116 suara.

Urutan kedua diraih oleh pasangan nomor 3, yakni Efrosin D. S. Jatang (calon ketua) dan Ratiana Sueng (calon wakil) dengan perolehan 59 suara dan urutan ketiga nomor urut 1, pasangan Sarti Diana Asul (calon ketua) dan Imelda G. Limut (calon wakil) dengan perolehan 31 suara.

Dari 231 wajib pilih, yang hadir saat pemilihan 210 siswa, sedangkan 21 siswa lainnya tidak hadir.

Jadi total keseluruhan dari surat suara sah dan tidak sah berjumlah 210 surat suara dari 231 siswa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN Satap Rangkang Kalo, Mario Kurniawan Toro, S.Pd mengatakan, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS yang dilakukan itu salah satu peran yang harus diwujudkan oleh seorang guru yaitu mewujudkan kepemimpinan murid. Pemilihan tersebut dilakukan dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu),.

Mekanisme pemilihan seperti itu, untuk memberikan pendidikan demokrasi dengan bijak kepada para peserta didik, kata Mario kepada media ini, Senin ( 8/11/2021) malam.

Terkait pemilihan ketua Osis yang secara demokrasi tersebut, ia berharap bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik.

“Apapun hasilnya, pastilah yang terbaik untuk masa depan dan kebaikan SMPN Satap Rangkang Kalo. Kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan Ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang dapat bertanggung jawab dan mengemban amanah dengan baik, sehingga diharapkan dapat memberikan terobosan-terobosan baru bagi sekolah,” harap Mario.

Sementara itu, Pembina OSIS SMPN Satap Rangkang Kalo, Valensius Hasan, S.Pd mengatakan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan memperketat prokes tidak menyurutkan semangat para panitia untuk menyelenggarakan demokrasi tersebut.

Suasana pemilihannya berlangsung meriah, seperti layaknya pemilihan presiden atau kepala daerah.

Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinantikan, hal ini yang dirasakan oleh SMPN Satap Rangkang Kalo.

Dengan memperketat prokes, tidak menyurutkan semangat para panitia untuk menyelenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS karena kegiatan tersebut dilakukan secara terbuka di lapangan upacara. Pelaksanaan pemilihan dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari kelas 7 hingga kelas 9 dan pengelompokan kelas.

Kemudian siswa/siswi dipanggil untuk menerima surat suara, melakukan coblos di bilik yang telah disediakan, menyimpan surat suara ke dalam kotak suara dan mencelupkan jari pada tinta yang telah disediakan.

Hasan berharap setelah kegiatan tersebut Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih memiliki etos kerja yang tinggi dalam menjalankan setiap program yang telah dibuat.

“Diharapkan setelah kegiatan ini Ketua dan Wakil Ketua OSIS dapat memilih pengurus-pengurus OSIS yang tepat dan memiliki etos kerja yang tinggi dalam menjalankan setiap program yang telah dibuat. Pembina OSIS kolaborasi para pengurus dengan menjadi tolok ukur dalam mewujudkan kepemimpinan murid,” harapnya

Sementara itu Ketua OSIS Terpilih, Maria Intani Kadur menyampaikan terima kasih kepada SMPN Rangkang Kalo serta para guru yang telah merancang kegiatan tersebut hingga terlakasana dengan baik.

“Kami sangat berterima kasih atas segala dukungan yang diberikan oleh teman-teman SMPN Rangkang Kalo serta para guru. Demokras luar biasa yang kita lakukan dan bapak/ibu guru panitia menjadi modal dasar kita dalam belajar berdemokrasi,” kesan Maria.

Intan dan Aril sebagai kandidat terpilih berjanji dengan sungguh -sungguh akan membuat terobosan-terobosan baru yang tentunya akan mewujudkan mimpi SMPN Satap Rangkang Kalo.(fon)