LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Manggarai Barat harus berbangga karena dipercayakan sebagai tuan rumah kegiatan Konferensi Association of Women Police (IWAP) 2021 di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dimulai dari tanggal 6 –12 November 2021.

“Kita harus berbangga bahwa kegiatan Ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo,” kata Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadoma kepada wartawan di Labuan Bajo, Sabtu (6/11/2021).

Parade of Nations adalah salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan selama 58 tahun dalam rangkaian kegiatan International Association of Women Police (IAWP). Polwan RI bangga karena Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Konferensi Polwan Internasional ini yang diselenggarakan di Labuan Bajo.

Saat penyambutan IAWP dari beberapa negara di Labuan Bajo terebut, Peserta yang mengikuti Parade ini berjumlah 400 orang, terdiri dari 200 orang peserta partisipan dari 37 negara, termasuk Indonesia.

Kemudian 200 orang lainnya terdiri dari Tim Marching Band dari SMAK Ignatius Loyola, SMP Arnoldus, dan Pembawa Bendera yakni Para Pemuda Pemudi Paguyuban di Wilayah Manggarai Barat.

Parade tersebut dibuka secara langsung oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol Johni Asadoma didampingi Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari, Karojianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Juansih, dan Kapusjarah Polri Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri.

Selain itu, para tamu VIP yang juga turut serta menyaksikan parade ini, yakni Bupati Manggarai Barat, Edi Endi, para partisipan dari negara lain yang disambut meriah oleh seluruh masyarakat Labuan Bajo.

“Konferensi Polwan Internasional ini adalah suatu acara Polwan Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Dan ini adalah konferensi yang ke 58. Kita boleh berbangga bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Ini suatu berkah yang luar biasa”, ujar Kadivhubinter Polri Asadoma.

Pantau media ini di Labuan Bajo, Sabtu (6/11/2021), kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni menjaga jarak dan memakai masker. (fon)