LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Puskesmas Orong melakukan vaksinasi Covid-19 untuk tahap pertama kepada siswa/i usia 12 -17 tahun di SMK Negeri 2 Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (5/11/2021).

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis SinoVac yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dimulai dari jam 09 –11.00 Wita.

Untuk menghindari penumpukan siswa, maka vaksinasinya dilaksanakan beberapa sesi.
Siswa/i juga diwajibkan membawa foto kopi kartu keluarga dan kartu BPJS untuk memenuhi syarat registrasi.

Kegiatan itu diawali dengan pra-registrasi untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi.
Kemudian, para peserta vaksin menuju meja screening untuk dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi. Setelah itu, satu persatu menuju meja petugas untuk mendapat suntikan vaksin.

Selanjutnya, dilakukan observasi untuk menginput data pasien yang akan mendapatkan setifikat vaksinasi.

Vaksinasi yang diberikan untuk membentuk kekebalan tubuh agar seluruh masyarakat terhindar dari penyakit Covid -19.

Para siswa SMK Negeri 2 Welak dilakukan tes tensi darah dan suhu tubuh sebelum menerima vaksin, Jumat (5/11/2021)

Hironimus Jeharu, Kelas X SMK Negeri 2 Welak merasa senang karena telah menerima vaksin. Awalnya, dia sempat kepikiran takut ada efek sampingnya. Namun, setelah divaksin, ia merasa lega karena belum ada efek samping yang dirasakannya.

“Untuk sementara aman-aman saja dan belum ada efek samping yang dirasakan. Semoga seterusnya aman-aman seperti ini,” harapnya.

Hiro juga mengapresiasi kegiatan vaksinasi untuk siswa-siswi usia 12-17 tahun yang telah dilakukan tim kesehatan dari Puskesmas Orong.

Menurutnya, dengan kegiatan vaksinasi hari ini, Jumat (5/11/2021) itu dapat memberikan rasa aman, terutama dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolahnya.

Waka Kesiswaan SMK Negeri 2 Welak, Marianus Yuda, S.Pd saat memberikan pengarahan kepada siswa/i sebelum menerima vaksin, Jumat (5/11/2021)

Secara terpisah Waka Kesiswaan SMK Negeri 2 Welak, Marianus Yuda, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, yang secara teknis dilakukan oleh tim kesehatan dari Puskesmas Orong yang telah melakukan vaksinasi di sekolahnya.

Ia berharap, setelah vaksin ini, semua peserta didik bisa mengikuti KBM setiap hari dengan aman dan bebas dari Covid-19.

Siswa yang telah menerima vaksin pertama di sekolahnya sebanyak 55 orang, dan untuk vaksin ke- 2 akan dilakukan pada tanggal 3 Desember 2021 mendatang.

“Mari kita vaksin, agar kita kembali bekerja, supaya Indonesia cepat pulih,” ajak Rian. (fon)