LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com–Sejumlah aspirasi masyarakat Desa Wewa, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat dititipkan melalui Anggota DPRD NTT, Ny. Yeni Veronika, SH saat reses di desa itu, Rabu (3/11/2021).

Reses yang berlangsung di Rumah Gendang Lana, Desa Wewa, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat itu dihadiri Kepala Desa Wewa, Samuel Reja, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMKN 2 Welak, Mateus Handur, S.Pd, Guru SMKN 2 Welak, Marianus Yuda, S.Pd, para guru SMPN 6 Welak, para perangkat desa, para Linmas dan utusan tokoh masyarakat setiap kampung se-Desa Wewa.

Atas nama masyarakat, Kepala Desa Wewa, Samuel Reja menitipkan aspirasi melalui Anggota DPRD NTT; Ny. Yeni Veronika untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi NTT saat rapat pembahasan anggaran di DPRD NTT.

Melalui Ibu Veronika, Kades Samuel titipkan aspirasi masyarakatnya agar pembangunan pemeliharaan jaringan irigasi Wuncung yang mulai dikerjakan tahun ini harus dikerjakan secara tuntas dari hulu hingga hilir.

Tahun ini, yang dikerjakan hanya 300 meter saja. Padahal, hampir seluruh jaringan irigasi itu sudah rusak karena termakan usia.

Sepanjang jaringan irigasi mulai hulu hingga hilir, baik pada lantai dasar, pinggir kiri kanan tembok maupun semua pintu airnya rusak parah.

Karena itu, Samuel minta, agar pembangunan pemeliharaan jaringan irigasi itu harus dikerjakan secara tuntas.

Untuk mempermudahkan akses keluar masuk penyangkutan material ke lokasi, ia minta perlu dibuka jalan inspeksi dengan lebar 5 meter sepanjang jaringan irigasi Wuncung.

Ia juga minta penambahan petugas pengairan untuk mengatur setiap pintu air di sepanjang jaringan irigasi tersebut.

Petugas yang sudah ada baru satu orang, dan idealnya menurut dia, 3 orang sesuai dengan panjang jaringan irigasi itu.

Permintaan lainnya seperti pembuatan jalan tani, bantuan kepada para petani berupa traktor, bantuan babi, dan bantuan ternak sapi.

Masyarakat juga minta, agar ruas jalan Golo Welu — Orong yang saat ini berstatus jalan kabupaten ditingkatkan menjadi jalan provinsi dengan jalan hotmix.

Sementara Plt Kepsek SMK Negeri 2 Welak, Mateus Handur, S.Pd pada kesempatan itu menitipkan, untuk bisa memperjuangkan percepatan proses sertifikat tanah SMKN 2 Welak di Buntu, Desa Wewa ke Pemprov NTT.

Sertifikat tanah, menurut dia, salah satu syarat mutlak yang dilampirkan saat menyusulkan untuk pembangunan gedung sekolah, MCK dan lain-lainnya ke depan.

Untuk sementara Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah itu saat ini menggunakan Gedung SDN Paje, Desa Wewa, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat.

Mateus juga mengeluh ketiadaan sarana prasarana (Sarpras) di sekolahnya seperti komputer, meubeler dan Sarpras di bidang olahraga.

“Kami juga usulkan, agar Golo Langing dijadikan destinasi pariwisata prioritas karena kita ketahui, bahwa Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai daerah pariwisata super premium dan itu sejalan dengan kehadiran SMKN 2 Welak, khususnya Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Di atas puncak bukit itu pengunjung bisa menikmati panorama alam seluruh Welak dan melihat langsung matahari terbenam,” beber Mateus. (red/fon)