LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com. Konferensi Polwan sedunia (International Association of Woman Police/IAWP Conference) Ke -58 digelar di Labuan Bajo November 2021 mendatang.

Menurut rencana, kegiatan ini akan diikuti ratusan Polwan Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Kegiatan ini baru pertama dilaksanakan di Asia, kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum dalam konferensi pers di Restorant Taman Laut Labuan Bajo, Kamis ( 14/10/2021).

Kepada wartawan, Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol.Drs. Johni Asadoma meminta seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di Labuan Bajo, Manggarai Barat untuk sama–sama mendukung kegiata bergengsi International Association of Woman Police/IAWP Conference itu nanti.

Event tersebut diadakan di Labuan Bajo dengan pertimbangan bahwa Labuan Bajo adalah salah satu destinasi wisata super prioritas.

“Event ini akan diadakan di Labuan Bajo dengan pertimbangan pertama bahwa Labuan Bajo adalah merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas. Kita harus mempromosikan Labuan Bajo ini ke dunia internasional.

Kedua, tingkat penyebaran Covid-19 di Labuan Bajo cukup rendah dan sekarang berada di level 2, sehingga memungkinkan untuk melaksanakannya event internasional ini. Kami juga sudah koordinasikan dengan Satgas Covid -19 agar tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca juga :  Panitia Pembangunan Rumah Gendang Lana Temui Bupati Mabar

Sebenarnya menurut dia, event ini dilaksanakan tahun lalu tetapi karena terkendala Covid-19, sehingga baru dilaksanakan Tahun 2021 ini yang sedianya dilakanakan pada bulan November 2021 mendatang.

Kegiatan itu nanti akan dilakukan di beberapa hotel di Labuan Bajo dengan menghadirkan sejumlah narasumber ternama, baik level nasional maupun internasional.

Konferensi itu akan dilaksanakan secara ofline dan online yang diikuti seluruh Polda dan Polres se- Indonesia. Pendaftarannya dilakukan secara offline dan online dari berbagai negara.

“Kita harapkan konferensi ini bisa berjalan dengan baik. Persiapan-persiapan sudah kita lakukan termasuk kerja sama dengan Pemprov NTT dan Pemkab Mabar untuk ikut mendukung dan sama-sama menjaga keamanan, sehingga kegiatan tersebut berjalan suksesnya dan lancar nanti,” tandas Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol. Johni Asadoma.

Sementara itu, Kapolda NTT, Irjen Pol .Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum mengatakan, pihaknya siap mendukung dan membantu memback up sepenuhnya kegiatan tersebut.

“Kita dari Polda NTT siap mendukung dan membantu memback up sepenuhnya kegiatan ini. Terpilihnya Labuan Bajo ini merupakan bentuk pengakuan dari masyarakat terutama dunia internasional kepada Indonesia, khususnya Provinsi NTT khusus bagi Manggarai dan lebih khusus lagi Manggarai Barat. Kita sama menjaga keamanan dengan baik karena situasi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid- 19,” imbuhnya.

Baca juga :  Bertemu Para Petani, Bupati Korinus Mengucap Syukur Atas Kedatangan Mentan RI

Ia mengatakan, Polda dan Polres nanti akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk percepat program vaksinasi.

Ia juga berharap, peran serta dari teman-teman media untuk mempublikasikan kegiatan tersebut ke seluruh penjuru dunia.

Menurut dia, semangat persahabatan antar negara itu yang paling penting. Apalagi dihadiri oleh Polwan sedunia.

“Saya berharap, peran serta masyarakat, media dan kami akan mendukung sepenuhnya keamanan dan pengamanan kegiatan tersebut. Tinggal beberapa minggu lagi sudah masuk November.

Kita mulai sekarang menyiapkan segala sesuatunya. Saya juga berharap, kegiatan itu nanti berdampak pada peningkatan kesejahtraan masyarakat dan perekonomian di Labuan Bajo,” harap dia.

Pada tempat yang sama, Ketua Panitia IAWP 2021, Brigjen Pol. Dr. Juansih, S.H., M.Hum menjelaskan, IAWP itu sendiri merupakan suatu organisasi non gaverment yang berkedudukan di Amerika dan sudah 113 tahun melaksanakan konferensi.
Kata Juansih, sempat berhenti beberapa tahun, dan konferensi yang ke- 58 tahun ini adalah yang pertama kali di Asia. Selama ini konferensinya berlangsung di Amerika, satu kali di Afrika dua kali di Eropa. Jadi, ini yang pertama di Asia, sebut Juansih.

Baca juga :  Polres Mabar Vaksinasi Presisi Bagi Masyarakat Umum

IAWP merupakan Forum Asosiasi Polwan Sedunia untuk melakukan sharing pengalaman dan bisa membangun jaringan bersama antar Polwan sedunia yang akan dilaksanakan di Kota Labuan Bajo tersebut.

“Tahun ini, kita menjadi member. Kita ingin ada sharing ilmu pengetahuan, sharing pengalaman dan bisa membangun jaringan bersama Polwan seluruh dunia. Sehingga dapat mensuport para perempuan yang bekerja di penegakan hukum termasuk Polwan di dalamnya.Ini merupakan suatu kesempatan bagi Polwan se-Indonesia. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” harap Juansih. (fon)