RUTENG, NTT PEMBARUAN.com– Pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS SMAN I Satarmese, Kabupaten Manggarai dilaksanakan secara demokrasi.

Setelah sukses menyelenggarakan debat terbuka kandidat Calon Ketua dan Sekretaris Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Sabtu (09/10/2021), Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese melaksanakan Pemilihan Umum Ketua dan Sekretaris OSIS, Masa Bakti 2021-2022.

Pemungutan suara dalam memilih Ketua dan Sekretaris OSIS tersebut dilaksanakan pada Senin (11/10/2021). Pemungutan suara yang dibagi dalam delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut diikuti oleh 716 peserta didik dan 50 orang pendidik dan tenaga pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Satarmese. Penghitungan rekapitulasi suara dilaksanakan di halaman SMA Negeri 1 Satarmese.

Dari hasil penghitungan rekapitulasi suara diketahui bahwa pasangan calon nomor empat saudara Yulius Vicky Jakora Dato dan Kamelia Filceyeni Gewe berhasil menjadi pasangan dengan perolehan suara terbanyak.

Dari total 694 surat suara sah, pasangan Vicky-Yeyen memperoleh suara teratas dengan perolehan 300 suara.

Di nomor urut dua pasangan calon nomor urut lima, Fransisika Wea dan Anjelina Dwi Putri Sandur (Prsika-Dwi) memperoleh suara sebanyak 172 suara.

Pleno dan penetapan calon terpilih dipimpin langsung oleh Pembina OSIS SMA Negeri 1 Satarmese, Paulus Harto, S. Pd; Gr.

Saat menyampaikan sambutan, Paul menyampaikan proficiat kepada pasangan terpilih Vicky dan Yeyen. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran, sehingga bagi pasangan calon yang belum menjadi ketua dan sekretaris, harus berbesar hati, karena hal tersebut adalah wajah demokrasi sesungguhnya.

Baca juga :  Kapolda NTT Serahkan Satu Unit Kapal Kepada Dit Polairud Labuan Bajo

“Kepada semua pasangan calon saya sampaikan tidak perlu berkecil hati, pencapaian anda hari ini bukan karena tidak dipercayai oleh teman-teman anda. Teman-teman anda lebih mempercayai Vicky dan Yeyen, namun mereka tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan kalian semua. Dukungan kalian semua sangat dibutuhkan untuk kesuksesan Visi, Misi dan Program Kerja mereka”, kata Paul di hadapan pasangan calon dan seluruh Civitas Akademica SMA Negeri 1 Satarmese.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Satarmese, Largus Empos, S. Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa peristiwa tersebut adalah sebuah sejarah bagi Lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese, dimana serangkaian kegiatan persiapan penuh perjuangan menjadikan catatan penting bagi Lembaga SMA Negeri 1 Satarmese di kemudian hari.

“Peristiwa hari ini adalah bagian dari sejarah. Kegiatan hari ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan yang penuh perjuangan agar dapat terselnggara dengan baik sehingga hari ini, saat ini SMA Negeri 1 Satarmese telah memiliki Ketua OSIS dan Sekretaris baru”, ucapnya.

Untuk itu, Largus menyampaikan pesan agar pasangan terpilih mampu menjalankan amanah yang diembankan oleh semua civitas sekolah SMA Negeri 1 Satarmese yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Vicky-Yeyen, dan kepada semua peserta didik untuk senantiasa mendukung program kerja ketua dan sekretaris terpilih.

Baca juga :  Program Guru Penggerak Kabupaten Manggarai Adakan Lokakarya 2 Secara Luring

“Untuk itu saya berharap agar Vicky dan Yeyen mampu menjalankan perannya dengan baik. Kalian telah dipercayakan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab anda. Dan kepada semua guru dan siswa SMA Negeri 1 Satarmese untuk selalu mendukung mereka dalam memajukan SMA 1 Satarmese”, tuturnya.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Satarmese Tahun Pelajaran 2021-2022, Patrico Charles Sastroputra, mengatakan pemungutan suara dalam pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Satarmese, diikuti oleh seluruh siswa di sekolah itu. Menurutnya, kesuksesan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS Tahun Pelajaran 2021-2022, tidak terlepas dari persiapan, kerjasama, dan kerja cerdas panitia pemilihan.

“ Kesuksesan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS SMAN 1 Satarmese hari ini, tidak terlepas dari persiapan dan kerjasama kami panitia. Teman-teman panitia begitu setia dan totalitas mereka dalam menyukseskan kegiatan hari ini”, ucap Sastro.ģ

Oleh karena itu, Sastro memberikan apresiasi kepada panitia yang telah memberikan kontribusi terbaik bagi kesuksesan pemilihan dan kemajuan Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese.

“Saya, sangat berterima kasih kepada teman-teman panitia. Mereka adalah teman dan rekan kerja yang baik dalam menyukseskan serangkaian kegiatan mulai dari persiapan, pelaksanaan debat terbuka, hingga hari ini pemungutan suara berjalan dengan baik. Mereka total dan setia untuk kegiatan ini, mulai dari pembentukan panitia, proses perekrutan bakal calon hingga kegiatan hari ini”, tutur Sastro.

Baca juga :  Gubernur VBL : Disiplin Adalah Kunci Meraih Kesuksesan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pemilihan, Maria Kristina Danul.
Menurutnya, kesuksesan kegiatan Pemilihan Ketua dan Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Satarmese Masa K6erja 2021-2022 tidak terlepas dari soliditas dan totalitas panitia untuk menyukseskan kegiatan rutin tahunan di Lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese tersebut.

“Saya, secara pribadi dan mewakili teman-teman merasa bersyukur karena kegiatan ini berhasil.Terus terang keberhasilan ini adalah kesuksesan kami bersama dalam kepanitiaan. Panitia sungguh solid dan loyal sehingga kegiatan hari ini sebagai puncak bisa berjalan dengan baik dan sukses”, terang Risna.

Ia berharap, Ketua dan Sekretaris OSIS baru SMA Negeri 1 Satarmese, Tahun Pelajaran 2021-2022 mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat memajukan Lembaga pendidikan SMA Negeri 1 Satarmese.

“Harapan saya, baik Vicky dan Yeyen, mampu menjalankan tugas mereka dengan baik. Sehingga bisa membawa perubahan baru bagi SMA Negeri 1 Satarmese, pa”, tuturnya. (fon)