LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Pembangunan Rehablitasi Jaringan Irigasi Wuncung akan menggunakan pola kerja buka tutup.

“Saat sosialisasi di Kantor Desa Wewa, Selasa (5/10/2021) kami sudah sepakat dengan pihak kontraktor untuk dilakukan sistem buka tutup. Buka 5 hari untuk kerja mulai Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat. Tutup 2 hari, yaitu Sabtu dan Minggu,” kata Kepala Desa Wewa, Samuel Reja kepada media ini, Kamis (7/10/2021).

Dalam sosialisasi itu juga, Kontraktor PT. Sampurna Jaya Group yang diwakili, Agus, selaku mandornya berjanji, pembangunan rehablitasi jaringan irigasi Wuncung mulai dikerjakan, Senin, 11 Oktober 2021 mendatang.

Sistem buka tutup itu dilakukan mengingat ada sejumlah warga di Desa Wewa yang memiliki kolam ikan yang sumber airnya dari Irigasi Wuncung termasuk areal persawahan di sepanjangan irigasi tersebut.

Baca juga :  Satlantas Polres Mabar Lakukan Donor Darah

Samuel juga minta, agar pekerjanya menggunakan tenaga kerja dari desa setempat yang hari–hari tahu medan di lapangan.

“Saya yakin, kalau masyarakat desa setempat yang mengerjakannya pasti mereka lebih mengutamakan kualitas. Apa lagi irigasi itu merupakan sumber air untuk persawahan dan kolam ikan mereka sendiri, pasti mereka lebih mengutamakan mutu,” kata Samuel.

Sosialisasi itu dihadiri semua pemilik lahan persawahan, pemilik kolam ikan, tokoh masyarakat dan sejumlah perangkat Desa Wewa, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT.

Sebelumnya, Kepala Proyek (Kepro) PT. Sampurna Jaya Group, Topik Suprapto mengatakan, sistem buka tutup itu merupakan kesepakatan bersama untuk diterapkan di lapangan nanti.

“Untuk jaringan irigasi Wuncung, kita hanya kerja sepanjang 300 meter, tepatnya di daerah longsor. Kalau mengacu pada kontrak, pekerjaan itu akan berakhir tanggal 22 Februari 2022 mendatang. Tetapi, kami targetkan dalam tempo satu bulan sudah tuntas 100 persen,” tandasnya.

Baca juga :  Polres Mabar Tangguhkan Penahanan 21 Tsk Kasus Golo Mori

Ia menjelaskan, pembangunan rehablitasi jaringan irigasi Wuncung merupakan salah satu lokasi dari 5 lokasi yang tergabung dalam satu paket rehablitasi jaringan irigasi Lembor yang dikerjakan PT. Sampurna Jaya Group tahun ini.

Empat lokasi lainnya, yakni pembangunan rehablitasi jaringan irigasi Wae Lombur, Wae Sesap, Wae Sele dan Wae Kanta. (red)